25 radar bogor

Waspada! Kawasan Puncak Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Dua Hari ke Depan

Ilustrasi Kawasan Puncak Hujan
Ilustrasi hujan di Kawasan Puncak.

CISARUA-RADAR BOGOR, Dalam dua hari ke depan, BMKG Stasiun Citeko memprediksi Kawasan Puncak dan sekitarnya diguyur hujan dengan angin kencang dan petir.

Baca Juga : Peringatan Dini BMKG : Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Sepekan ke Depan

BMKG mencatat, hujan disertai petir dan angin kencang di Kawasan Puncang diprediksi terjadi pada Selasa (30/8/2022) dan Rabu (31/8/2022).

“Hujan terjadi pada siang hingga malam hari,” ujar kepala stasiun Klimatologi dan Geofisika Citeko, Fatuhri kepada Radar Bogor Senin (29/8/2022).

Sementara itu, Camat Cisarua Ivan Pramudya mengatakan, muspika terus melakukan sosialisasi yang lebih masif tentang edukasi dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian masyarakat juga pemerintah desa dalam pencegahan risiko bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor,banjir bandang, angin kencang dan angin puting beliung.

“Kita mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi ini,” kata Camat Cisarua, Ivan Pramudya kepada Radar Bogor Senin (29/8/2022).

Baca Juga : Simpang Ciawi Terendam Banjir Saat Hujan, Ternyata Ini Penyebabnya

Ivan menambahkan, untuk titik rawan bencana di Kecamatan Cisarua, tersebar di sejumlah desa. Adapun bencana yang kerap terjadi di Kecamatan Cisarua yakni, angin puting beliung, banjir luapan hingga longsor. “Paling sering terjadi itu longsor. Karena lokasinya banyak tebing,” tuturnya.

Ivan pun mengimbau agar warga di Kawasan Pncak atau wisatawan agar menghindari tebingan. Juga tidak berteduh di bawah pohon saat terjadi hujan disertai petir. “Juga saat terjadi kabut tebal agar menjaga jarak untuk menghindari kecelakan lalulintas,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep