25 radar bogor

IPB Kembangkan Kurikulum Perguruan Tinggi (PT) Berbasis Learning Outcomes Based Education (OBE)

IPB Kembangkan Kurikulum Perguruan Tinggi (PT) Berbasis Learning Outcomes Based Education (OBE)
IPB Kembangkan Kurikulum Perguruan Tinggi (PT) Berbasis Learning Outcomes Based Education (OBE)

RADAR BOGORP2SDM LPPM IPB University melaksanakan ToT Pengembangan Kurikulum PT yang dilaksanakan secara luring di Ruang Rancage 6, Hotel Padjajaran, Bogor. Kegiatan ToT pada hari ini merupakan ToT Batch III yang diikuti oleh 21peserta dari 16 PT yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan secara 4 (empat) hari berturut-turut mulai dari hari Senin, 29 Agustus 2022 hingga hari Kamis, 1 September 2022. Pembukaan acara secara resmi dimulai dari jam 13.30 WIB hingga 14.15 WIB dengan pembukaan diisi oleh MC yaitu Irma Yanthi dengan 2 (dua) narasumber penting yaitu Amiruddin Saleh, selaku Kepala P2SDM LPPM IPB University dan Dr. Warcitoselaku Sekretaris Pusat P2SDM LPPM IPB University.

Baca juga: RIMBA Dampingi Generasi Muda Mengenal Potensi Alam dan Sumber Air Ciliwung!

Kegiatan ToT Batch III bekerjasama dengan Kemdikbudristek RI sehingga kegiatan ini sudah bersifat nasional. Kegiatan ini dibuka oleh pembacaan doa yang dipimpin oleh Muh. Nashirudin, yang berasal dari UIN Raden Mas Said Surakarta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sambutan pertama diberikan oleh Amiruddin yang menjelaskan terkait teknis dan alasan diadakannya ToT Batch III. Beliau menyampaikan pesan dari menteri Kemdibudristek kepada para peserta untuk dapat membangun kurikulum perguruan tinggi yang kompetitif dalam menjadikan perguruan tinggi bertaraf internasional. Beliau juga menjelaskan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Internasional KAN/ISO 17024 juga akan diberikan kepada para peserta.

Baca juga: Dewan : Potensi PAD Kabupaten Bogor Disejumlah OPD Hilang

“Kegiatan ToT pada hari ini sangat berguna untuk pengembangan SDM peserta ToT Batch III sehingga diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Harapannya, Bimtek dan Sertifikasi Internasional KAN/ISO 17024 dapat Bpk/Ibu dapatkan” ujar Amiruddin.

Materi ToT Pengembangan Kurikulum PT terdiri dari 9 (sembilan) materi dengan pembelajaran terkait Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berbasis Outcomes Based Education (OBE) dengan diiringi oleh teori dan praktik. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan manfaat berupa networking dan gelar berupa CIT.

Baca juga: Kejari Cium Praktek Korupsi di RSUD Bogor Utara, Kerugian Negara Capai Rp36 M

Sambutan kedua diberikan oleh Warcito, Sekretaris Pusat P2SDM LPPM IPB University, menjelaskan terkait kompetensi para peserta yang akan didapatkan saat mengikuti kegiatan ToT Batch III. Para peserta yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda-beda diharapkan mampu bekerjasama dalam kegiatan ToT selama 4 hari.

“Belajar membuat kurikulum tidak bisa hanya dilihat dari satu sudut pandang. Butuh sudut pandang lain untuk dapat membuat kurikulum yang sistematis dan komprehensif sehingga capaian pembelajaran yang direncankan sesuai dengan luaran yang diinginkan. Harapannya, para calon trainer dapat mempraktikkan ilmu yang akan dipelajari selama 4 hari ke depan di tempatnya masing-masing ” ujar Warcito.

Baca juga: Waspada! Kawasan Puncak Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Dua Hari ke Depan

Sambutan dari Amiruddin dan Warcito cukup menarik karena presentasi yang dibawakan menggunakan gambar sehingga para peserta diajak untuk berpikir logis dan memiliki sudut pandang lain dalam membuat rancangan kurikulum. Kemudian, Warcito membuka secara resmi acara ToT dengan penyerahan secara simbolis kepada 2 (dua) peserta, Achmad Chusnu Romdhoni dari Universitas Airlangga dan Kasmita dari universitas Padang dan diikuti oleh foto bersama.

Pembukaan secara resmi dari Warcito menandakan bahwa para peserta akan diberikan pelatihan dan materi yang berkualitas dari para narasumber yang berasal dari bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pelopor untuk meningkatkatkan kualitas kurikulum hingga lulusan yang sesuai dengan capaian luaran yang direncanakan sehingga mampu bersaing secara internasional.

Baca juga: Simpang Ciawi Terendam Banjir Saat Hujan, Ternyata Ini Penyebabnya

Oleh karena itu, Warcito sangat berharap para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan ToT Batch III dengan penuh semangat serta niat yang mulia untuk dapat berperan lebih dalam peningkatan mutu pendidikan PT di Indonesia. (*)

Editor: Rany