25 radar bogor

Kompi C Paspampres Kibarkan Bendera di Tugu Kujang : Berharap Jadi Agenda Rutin Setiap Tahun

Kompi C Paspampres Kibarkan Bendera di Tugu Kujang : Berharap Jadi Agenda Rutin Setiap Tahun
Kompi C Paspampres Kibarkan Bendera di Tugu Kujang : Berharap Jadi Agenda Rutin Setiap Tahun

BOGOR-RADAR BOGOR, Grup C Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Tugu Kujang, Kota Bogor, pada Selasa (23/8).

Perwira Urusan Personil Grup C Paspamres Lettu Cpm Yuli Adriansyah menjadi inspektur upacara (Irup) bersama sekitar 25 personil Paspampres lainnya upacara dalam rangkaian Festival Merah Putih (PMP) 2022 menyambut HUT ke-77 RI.

Upacara bendera yang dimulai pada pukul 07.30 WIB di area Tugu Kujang tepat di jantung Kota Bogor membuat masyarakat setempat berhenti sejenak saat lagu Indonesia Raya dinyanyikan pada momen mengibarkan bendera Merah Putih.

“Pengibaran hari ini melibatkan personil Paspamres sebanyak 25 personil, terdiri 4 bintara, sisanya tantama dan satu pemimpin pasukan dari perwira,” kata Perwira Urusan Personil Grup C Lettu Cpm Yuli Adriansyah.

Baca juga: Bahas Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin, Dinkes Sebut 4,6 Persen Warga Kota Bogor belum Terdaftar di BPJS

Untuk melaksanakan upacara di Tugu Kujang, pihaknya memang sengaja mempersiapkan personilnya dalam berpartisipasi dalam kegiatan FMP 2022.

“Jadi kita mempersiapkan betul-betul untuk acara ini, meskipun kegiatan rutinitas di kesatuan juga dilaksanakan upacara setiap hari Senin,” jelasnya.

Lettu Cpm Yuli Adriansyah juga mengapresiasi kegiatan FMP 2022 dengan melaksanakan upacara selama satu bulan penuh selama Agustus. Sebab, kegiatan itu bisa mengakomodir masyarakat sekitar yang tidak bisa melaksanakan upacara.

“Jadi kita bisa lihat disekitaran Tugu Kujang (masyarakat) antusias mengikuti upacara,” ucapnya.

“Saya berharap kedepannya memang tetap dilaksanakan setiap tahun, apalagi (semua elemen) Kota Bogor mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia FMP 2022, Irwan S. Widjaja mengatakan, upacara pengibaran bendera Merah Putih di Tugu Kujang melibatkan pasukan grup C Paspamres.

“Selain upacara, banyak kegiatan yang diadakan FMP 2022, baru-baru ini bazar produk lokal Bogor yabf dihadiri wali kota Bogor Bima Arya, dan berapa pimpinan perusahaan,” katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengungkapkan, dalam rangka memeriahkan HUT yang ke-77 RI, Kota Bogor dianggap sebagai kota pertama yang selama satu bulan penuh mengibarkan upacara bendera.

“Tugu Kujang dipilih sebagai tempatnya. Jadi bukan hanya sebagai penguatan nasionalisme, namun juga wisatanya,” papar Bima.

Festival Merah Putih mengadakan upacara bendera selama sebulan penuh di Tugu Kujang yang menjadi ikon Kota Bogor pada Agustus 2022.(ded)

Editor: Rany