Gandeng BNNK, Pemkab Bogor Bakal Tes Urin ASN

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Kepala BNN Kabupaten Bogor, AKBP Syabli. Nelvi/Radar Bogor
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Kepala BNN Kabupaten Bogor, AKBP Syabli. Nelvi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Tekan penyalahgunaan narkoba, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor untuk melakukan tes narkoba kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya.

“Mungkin nanti ada kegiatan tes narkoba untuk seluruh ASN yang ada di kabupaten Bogor, Mulai dari Kecamatan dan Desa akan kami tes narkoba,” ujar PLT Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menghadiri konfetensi pers di gedung BNNK Bogor, Cibinong, Jum’at, (5/8/22).

Baca juga: Sepanjang 2022, BNNK Bogor Ungkap 10 Kasus Narkotika

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Iwan beralasan, langkah ini dibuat karena Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pelayan masyarakat yang tentunya harus memberikan contoh yang baik kepada publik, maka dari itu tes narkoba pada para ASN penting dilakukan guna membuktikan bahwa para ASN bebas dari narkoba.

“Kami ingin membuktikan bahwa ini clear dan clean, seluruh ASN yang ada di kabupaten Bogor merupakan pelayan publik yang harus memberikan contoh yang baik dan bersih dari narkoba,” terang Iwan.

Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk membuktikan benar atau tidaknya informasi dari masyarakat tentang adanya oknum Aparatur Sipil Negara yang terindikasi menggunakan narkotika.

Baca juga: Disdukcapil Kabupaten Bogor Luncurkan Siloka Jilid 2 Dan Optimalkan UPT

“Hari ini kami sampaikan bahwa kami akan membuktikan apa yang dikatakan masyarakat, kita akan buktikan dengan tes,” jelas Iwan Setiawan kepada Radar Bogor.

Namun Iwan menyampaikan, untuk saat ini belum ada jadwal pasti kapan pelaksanaan tes narkoba kepada para ASN akan dilaksanakan.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor, AKBP. M Syabli Noer mengatakan dalam kegiatan pelaksanaan tes nanti, BNNK dan Kesbangpol akan didukung pihak Polres dan Kodim untuk turun ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Bogor

“Kami BNNK dan badan Kesbangpol didukung oleh Polres dan Kodim kita sudah turun ke kecamatan kecamatan, kalau tahun lalu sampai 20 kecamatan untuk tahun ini baru 4 kecamatan, mungkin sisanya nanti sampai pada akhir tahun kita akan turun ke kecamatan kecamatan dalam rangka 2 hal, yaitu sosialisasi dan pelaksanaan pencegahan tes urin,” tukasnya.(mg1)

Editor: Rany

Berita Lainnya