25 radar bogor

Terkait Dugaan Pelecehan Seksual Istri Irjen Sambo, Pengacara Angkat Bicara

Ilustrasi Pelecehan seksual
Ilustrasi Pelecehan Seksual

RADAR BOGOR – Kuasa hukum keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis, angkat bicara soal isu pelecehan yang dialami istri Kadiv Propam non aktif Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Sambo (PC). Menurutnya, kliennya beruntung karena diselamatkan oleh Bharada E.

Arman menyebut, kliennya beruntung bisa selamat karena ada sosok Bharada E yang menyelamatkan lantaran perbuatan dugaan tindak kekerasan seksual yang dilakukan Brigadir J. Sehingga, nyawa dan keselamatan istri Ferdy Sambo masih ada meskipun mengalami trauma.

“Bahwa apa yang terjadi terhadap klien kami saat ini harus dipercayai sampai terbukti sebaliknya,” kata Arman, lewat keterangan tertulisnya, Senin (1/8).

Baca juga: Jenazah Brigadir J Dimakamkan Ulang Secara Kedinasan, Pihak Putri Chandrawathi Kecewa

Menurut Arman, apabila kemudian hari dugaan tindak pidana tersebut terbukti sesuai yang dilaporkan, maka apa yang dilakukan Brigadir J merupakan penghinaan dan kejahatan besar terhadap martabat seorang perempuan, kehidupan dia, keluarganya yang dirusak, dan lainnya.

“Dan apabila dugaan tersebut terbukti dikemudian hari, maka korban J itu bukan hanya PC. Akan tetapi Irjen FS, masa depan anak-anak mereka (4 orang), orang tua PC, Brigadir E dan Institusi Polri,” ujarnya.

Oleh karenanya, Arman berharap tim khusus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat mengungkap kasus ini secara tuntas dan transparan. Hal itu sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa kasus ini harus diselesaikan dan jangan ada yang ditutup-tutupi. “Kami berharap perkara ini akan dibuka dengan seterang-terangnya dan sejelas-jelasnya,” tandasnya.

Ia juga mengeluhkan, pemberitaan saat ini sudah tidak lagi melihat bahwa ada seorang perempuan yang menjadi korban dugaan tindak pidana kekerasan seksual, yakni PC selaku istri Kepala Divisi Propam nonaktif. Bahkan, kasus dugaan kekerasan seksual yang dialami kliennya PC, nyaris tenggelam.

Baca juga: Pelecehan dan Pengancaman, Kasus Istri Irjen Sambo Naik Penyidikan

“Segala isu-isu yang ada membuat dugaan tindak pidana kekerasan seksual malah menjadi tenggelam oleh segala isu yang ada, padahal negara yang kita cintai ini menganut asas kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata Arman.

Padahal, kata dia, perempuan rentan jadi korban tindak pidana kekerasan seksual (TPKS) harus dikedepankan tanpa pandang bulu siapa dia, meski seorang istri jenderal pun bisa menjadi korban. (jpg)

Editor: Yosep/Zulfa-KKL