LPPM IPB Ajak Mahasiswa dan Alumni Vokasi Terjun ke Desa

BOGOR-RADAR BOGOR, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) University ajak mahasiswa dan alumni sekolah vokasi untuk terjun ke desa.

Baca juga: Amankan Pawai Obor Malam Ini, Polresta Bogor Kota Terapkan Rekayasa Lalin

Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Sofyan Sjaf mengatakan desa menjadi tempat sumber pangan yang bisa dioptimalkan sehingga ancaman kerawanan pangan dapat dihindari.

penerimaan mahasiswa baru universitas djuanda bogor

Menurutnya, mahasiswa vokasi memiliki peran yang sangat strategis dalam penyelesaian permasalahan-permasalahan bangsa, khususnya bidang ekonomi dan ketahanan pangan.

“Inovasi yang dihasilkan dosen dan mahasiswa dapat mengoptimalkan semua sisi potensi yang dimiliki desa. Jika sinergi antara pendidikan penelitian dan pengabdian di sekolah vokasi berbasis inovasi aplikatif maka pendidikan vokasional dapat menyelesaikan permasalahan bangsa,” ujarnya pada Seminar Nasional yang berlangsung di Gedung Delta Sekolah Vokasi IPB University pada Sabtu (23/7).

Ia mengungkapkan, keuntungan yang didapat di desa bisa menghasilkan penghasilan di atas rata-rata pekerja industri.

Baca juga: Hasil Live Polling Balon Gubernur DKI Jakarta : Bima Arya Teratas Gantikan Anies

Maka dari itu, ia berharap semua insan akademisi vokasi dapat terpicu untuk menghasilkan inovasi aplikatif, yang dapat disinergikan dengan pendidikan dan pengabdian mahasiswa di masyarakat.

“Kami siap mendorong dan memfasilitasi program-program seperti Dosen Mengabdi, Dosen Pulang Kampung, Mahasiswa Mengabdi, Mahasiswa Wiramuda, IPB Goes To Field (IGTF), Farmers Goes To IPB, dan lainnya,” tutur Sofyan.

Senada dengan Sofyan Wakil Dekan Sekolah Vokasi IPB University Bidang Akademik dan Kemahsiswaan, Bagus P. Purwanto menyebut hasil penelitian yang tidak diaplikasikan ke masyarakat tidak akan ada manfaatnya.

Oleh sebab itulah mahasiswa didorong untuk turut berkolaborasi dalam penelitian para dosen yang bersifat aplikatif ke dalam pengabdian masyarakat.

“Mahasiswa memiliki peran penting untuk terlibat dalam kegiatan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat melalui berbagai program,” tutupnya.

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Catat Peningkatan Pendapatan dan Laba Bersih di Kuartal II 2022

Seminar nasional bertajuk “Sinergi Pendidikan dan Pengabdian Mahasiswa Vokasi untuk Indonesia Berkemajuan” ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Vokasi (Himavo) AKMAPESA bekerja sama dengan LPPM IPB University.

Seminar yang dilaksanakan secara hybrid ini dihadiri lebih dari 200 mahasiswa yang datang dari IPB University dan Perguruan Tinggi lain di Indonesia. (cr1)

Editor: Rany

Berita Lainnya