KKN di Desa Citapen, Mahasiswa Fisipkom Unida Bantu Maksimalkan Potensi Desa 

Mahasiswa Fisipkom
KKN Mahasiswa Fisipkom Unida di Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, 18-22 Juli 2022.

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswa Fisipkom (Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer) Universitas Djuanda, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, 18-22 Juli 2022.

Baca Juga : Mahasiswa KKN Unida Gelar Pelatihan UMKM di Desa Sukakarya

Dari hasil KKN, Mahasiswa Fisipkom Unida menemukan potensi wisata desa yang belum diketahui masyarakat dan seharusnya dipublikasi melalui media sosial seperti Instagram.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Hasil riset dari Data Reportal 2022. jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta orang atau setara 35,7 persen dari total populasi pada 2022. Hal ini yang melatarbelakangi Mahasiswa Fisipkom dalam memberikan edukasi bagi warga Citapen khususnya pemanfaatan Instagram dalam memperkenalkan potensi desa.

Adapun kegiatan KKN Fisipkom Unida tercantum dalam Surat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bogor. Nomor 424 4/21-Bakesbangpol, Tanggal 14 Juni 2022, Perihal Rekomendasi Permohonan Kuliah KERJA Nyata (KKN) Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Program Studi Administrasi Publik dan Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer Universitas Djuanda Bogor.

Bagi wilayah Desa Citapen, KKN dimentori langsung Dosen Pembimbing Sains Komunikasi Fisipkom Unida, Agustini yang menyampaikan bahwa, KKN ini memiliki tujuan sangat penting bagi pemuda Desa Citapen, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan terampil menggunakan media sosial Instagram.

“Untuk itu saya mengarahkan mahasiswa kelompok 2 kelas pagi dan sore ini, dengan persiapan rencana awal survei pendahuluan, penulisan proposal hingga penelitian, dalam melakukan kegiatan KKN yang outputnya semoga dapat dirasakan masyarakat Desa Citapen,” ucapnya di Kecamatan Ciawi, Senin (18/7/2022).

Lalu, Dian Septarina selaku Ketua Pelaksana Kelompok KKN, mengatakan sangat penting sekali penggunaan media Instagram di era digital ini. Penggunaan Instagram memudahkan masyarakat dalam menyampaikan setiap informasi bahkan dalam memperkenalkan desa.

“Setelah hasil assesment yang kita lakukan, ternyata pemuda di Desa Citapen memiliki potensi dan sangat aktif di desanya. Seperti pemuda Karang Taruna di Kampung Cigaok RI 002/ Rw 007 Desa Citapen, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, memiliki wujud creative thinking skill dalam bidang wisata alam Cigaok River Tubing, menyediakan wahana bermain aliran sungai sangat indah, camping ground dan gazebo saung. Namun sangat kurang dalam memperkenalkan wisata tersebut, sehingga perlu pemberdayaan mengenai digital branding kepada pemuda Karang Taruna Desa Citapen,” jelas Dian di Cigaok Desa Citapen, Sabtu (23/7/2022).

Kegiatan KKN pun disambut baik H. Eman Sulaeman selaku Kepala Desa Citapen. Ia mengatakan bahwa, seharusnya mahasiswa yang berperan dalam meningkatkan kapasitas para pemuda di Desa Citapen, agar hasil kuliah di kampus dapat diimplementasikan ke warga.

“Saya sangat senang kedatangan mahasiswa Universitas Djuanda ini, memang peran mahasiswa yang seharusnya meningkatkan kapasitas pemuda Desa Citapen tentang media sosial,” katanya antusias.

Eman juga berharap semoga output dari KKN Mahasiswa Fisipkom ini bisa dirasakan seluruh masyarakat yang ada di desa, serta dapat meningkatkan branding Desa Citapen.

Baca Juga : Unida Mewisuda 486 Sarjana dan Master, Membangun Insan Berilmu dan Bertauhid

Thoriq salah satu pemuda Desa Citapen yang ikut serta dalam kegiatan KKN Fisipkom Unida mengucapkan terimakasih kepada para Mahasiswa Fisipkom atas ilmu yang diberikan dalam beberapa hari ini.

“Kegiatan ini menyadarkan saya dan rekan-rekan Karang Taruna Desa Citapen untuk lebih sadar dengan peradaban dan beradaptasi dengan perubahan, saya juga berterima kepada rekan-rekan mahasiswa atas ilmunya kepada pemuda desa kami,” tuturnya. (Fahriza Permana-KKN)

Editor : Yosep

Berita Lainnya