25 radar bogor

Tambah Kapasitas Air, Perumda Tirta Pakuan Bangun SPAM Tahap Dua 

SPAM Katulampa Perumda Tirta Pakuan
Tampak bagian dalam SPAM Katulampa Perumda Tirta Pakuan. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor bakal meningkatkan produksi air pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa.

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan, Ardani Yusuf mengatakan, rencana peningkatan kapasitas produksi air di SPAM Katulampa sebagai langkah antisipasi berkaitan dengan permasalahan air baku yang bersumber dari sungai Cisadane.

“Intinya, kalaupun ada masalah yang ada di sungai Cisadane, setidaknya bisa dibantu oleh sungai Ciliwung. Itu yang kita lakukan untuk mengantisipasi terkait permasalahan (air baku) dari sungai,” kata Ardani, baru-baru ini.

Baca juga: Sampah Jorok Ini Jadi Biang Toilet Alun-Alun Kota Bogor Mampet

Seperti diketahui, SPAM Katulampa memanfaatkan sumber air baku dari sungai Ciliwung dengan kapasitas produksi air mencapai 300 liter per detik.

Nantinya, SPAM Katulampa diproyeksikan akan memiliki kapasitas produksi air 600 liter per detik.

Ardani mengatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan bantuan hibah dari pemerintah pusat untuk pembangunan SPAM Katulampa tahap dua tersebut.

“Kita sedang ajukan ke pusat melalui bantuan APBN tahap dua untuk menambah lagi 300 liter per detik, sehingga menjadi 600 liter per detik,” paparnya.

Baca juga: Awas, Dishub Siap Sanksi Tegas Pelaku Parkir Liar

Bahkan pihaknya juga telah mendorong Kementerian PUPR agar program peningkatan kapasitas produksi air SPAM Katulampa dapat terealisasi pada 2023 mendatang.

“Ini sudah kita dorong ke pihak kementerian, sudah dibahas kemarin dan kita sudah mengirimkan beberapa desain untuk tahap dua, mudah-mudahaan tidak ada perubahan tahun 2023 bisa terlaksana,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany