25 radar bogor

Kasus Eksploitasi Anak di SMA SPI Diperiksa Polisi

Kasus Eksploitasi Anak di SMA SPI, Diperiksa Polisi

RADAR BOGOR, Polda Jatim telah menerima limpahan kasus dugaan eksploitasi ekonomi pada anak di SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu, Jawa Timur, yang melibatkan Julianto Eka Putra (JEP). Saat ini terdakwa kasus pelecehan seksual kepada sembilan siswi sekolah yang didirikannya tersebut masih berstatus terlapor.

Kemarin pagi sekitar pukul 09.00, tim inafis direktorat reserse kriminal umum (ditreskrimum) melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) di SMA SPI. ”Berdasar laporan, ada enam korban yang melaporkan kasus eksploitasi ekonomi. Sementara ini statusnya masih terlapor. Tapi, setelah olah TKP ini, harapannya semuanya bisa terang benderang,” ujar Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto yang turut memantau jalannya olah TKP.

Jeffry Simatupang, kuasa hukum JEP, juga hadir di lokasi. Polda Jatim menerima limpahan kasus baru tersebut dari Polda Bali. Laporan itu diterima Polda Bali pada 14 April lalu.

Baca JugaMain Luar Biasa, Jonatan Christie Malah Kalah Menyesakkan di Babak Kedua Singapore Open 2022

R, salah seorang pelapor yang merupakan warga Bali, mengaku mengalami eksploitasi secara ekonomi mulai 2010. Dia masih berusia 15 tahun ketika itu. Dugaan eksploitasi yang dialami adalah jam kerja yang tak manusiawi dan tidak mendapat upah di beberapa bidang usaha milik sekolah tersebut.

Dirmanto menjelaskan, laporan korban berkaitan dengan Pasal 761 i juncto Pasal 88 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. ”Jadi, setiap orang dilarang menempatkan dan menyuruh melakukan eksploitasi ekonomi terhadap anak. Ancaman hukumannya disebutkan pidana penjara paling lama 10 tahun,” katanya.

Dirmanto mengungkapkan, para korban tidak dipatok biaya selama sekolah. Tetapi, mereka harus mendukung kegiatan ekonomi di lingkungannya. ”SPI punya banyak unit usaha. Nah, pada prosesnya, pelapor diminta membantu,” tuturnya.

Olah TKP tersebut dipimpin Dirreskrimum Polda Jatim Kombespol Totok Suharyanto. ”Ada 12 titik yang terduga digunakan sebagai eksploitasi ekonomi. Gambarannya, ada tempat produksi atau marketing dan wahana yang biasa digunakan untuk kunjungan tamu,” jelasnya.

Baca JugaSandiaga Uno Sambangi Ponpes di Kalsel, Dorong Santri Jadi YouTuber

Pihaknya, lanjut Totok, juga menemukan dokumen nama-nama siswa mulai 2008 hingga 2010. Totok juga menyebutkan, olah TKP yang berakhir pukul 12.37 itu telah menghadirkan dua pelapor: OL dan WY. Keduanya didampingi kuasa hukum masing-masing.

Mengenai status Julianto yang saat ini menjadi tahanan karena kasus lain, Totok menyebut tidak menggugurkan proses hukum yang berjalan. Dugaan eksploitasi tetap bisa diproses. ”Beda kasus. Jadi, bisa diteruskan,” jelasnya.

Sementara itu, Kayat Hariyanto, salah seorang kuasa hukum korban, mengatakan, sejumlah korban eksploitasi ekonomi anak tersebut dipekerjakan dan diberi gaji yang minim. ”Kelas I SMA dibayar Rp 100 ribu per bulan. Kemudian, kelas II dan III naik menjadi Rp 200 ribu per bulan. Namun, uang itu tidak diberikan dan katanya ditabung,” terangnya.

Kayat juga menjelaskan, para siswa SPI Kota Batu yang menjadi pelapor kasus eksploitasi ekonomi tidak mendapatkan kesepakatan kerja. Sejumlah siswa harus melayani para tamu yang datang ke area SPI.

Sementara itu, setelah olah TKP selesai, Jeffry Simatupang meyakini dugaan eksploitasi anak tersebut tidak benar. Tapi, pihaknya bakal taat dan menghormati institusi hukum. ”Ya, kami tidak gentar menanggapi hal ini. Intinya, selama ada surat tugas atau perintah bahkan dasar hukumnya, kami akan taat,” katanya. (jpg)

Editor : Yosep/Khonsa-KKL