Mou dengan Unpak Bogor, Perumda Tirta Pakuan bakal jadi Pusat Training Center Pengembangan SDM 

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor bersama Universitas Pakuan (Unpak) Bogor melakukan kerjasama dibidang penelitian dan sumber daya manusia (SDM) dengan membuat training center.

Adapun penandatanganan MoU dilakukan di gedung rektorat Unpak lantai 3, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (13/7/2022).

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, kerjasama dengan Unpak merupakan ikhtiar dalam melakukan pengembangan perusahaan termasuk dari sisi teknologi dan SDM.

Baca juga: Kota Bogor Segara Bangun RSUD Kota Bogor Kedua, Ini Rencana Lokasinya

Oleh sebab itu, Perumda Tirta Pakuan menggandeng akademisi dalam mendorong percepatan tersebut.

“Hari ini kami berkolaborasi dengan Universitas Pakuan, kami juga meminta pandangan-pandangan dari universitas terkait program-program yang akan kami laksanakan. Mudah-mudahan kami bersinergi, berikhtiar untuk mencapai apa yang kami inginkan kedepan,” ungkap Rino usai penandatanganan MoU.

Kedepan, Perumda Tirta Pakuan harus berekspansi. Dilanjutkan Rino, untuk menunjang semua perencanaan tersebut tentunya harus meminta banyak masuka. Salah satunya akademisi dari Unpak Bogor.

Semisal ketika membuat Fisibility Study (FS) untuk plan bisnis, tentu bisa berkoordinasi dengan Fakultas Ekonomi Unpak, kajian teknisnya berkoordinasi dengan fakultas teknik, kajian IT bisa berkordinasi dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

“Nanti juga mahasiswa di Unpak bisa tahu tentang industri kami, dan kami pun mendapatkan hasil riset dari mereka. Semua ilmu itu kan punya keterkaitan dengan corporate kami.  Mulai hukum, sosial politik dan komunikasi, teknik mempunyai keterkarikan dengan kami,” paparnya.

“Jadi, masing-masing fakultas ini akan membantu terkait dengan kajian pada kami. Termasuk dengan magang mahasiswanya, agar mahasiswa di Unpak mendapatkan atmosfir industri tentang PDAM,” sambungnya.

Baca juga: Belum Rampungkan LPJ, Samisade 35 Desa Terancam Disetop

Rino membeberkan, kedepannya para SDM Tirta Pakuan akan semakin meningkat seiring diresmikannya training center. Saat ini, rencana tersebut sudah masuk pada tahap persiapan dari mulai kurikulum hingga bangunan fisik.

Training center ini bagian dari capaian kami meningkatkan SDM, bukan cuma Tirta Pakuan tapi juga untuk PDAM seluruh Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, Rektor Unpak Didik Notosudjono menyambut baik penandatanganan kerjasama yang dilakukan Perumda Tirta Pakuan. Kerjasama tersebut akan melingkupi penelitian dan hingga pengembangan SDM.

“Ya, bagus sekali untuk pelatihan-pelatihan. Kami bicara dengan dekan-dekan akan memgimplementasi training center, karena training center itu sangat penting sekali. Training center itu nantinya untuk pelatihan-pelatihan SDM Tirta Pakuan, untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan kompetensinya,” ungkap Didik.

Menurutnya, model kerjasama yang dikembangkan selain MoU, juga ada Perjanjian Kerjasama (PKS) dan ada Implemetasi Agreement (IA). Dalam hal ini Unpak memiliki andil dalam melakukan implementasi kesepakatan tersebut.

“MoU ini kami libatkan semua dekan, artinya all off kaya total football. Ini baru kali ini melibatkan dekan-dekan, kami anggap PDAM itu penting, kami akan bantu kegiatan-kegiatan yang implemented,” tandasnya.

Selain Perumda Tirta Pakuan, penandatanganan MoU juga dilakukan Perumda Jasa Transportasi Kota Bogor. (ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya