25 radar bogor

Plt Bupati Minta Masyarakat Tidak Takut Makan Daging Hewan Kurban

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan berpesan kepada masyarakat, agar tidak takut dan khawatir mengkonsumsi daging, khususnya daging hewan kurban pada perayaan Idul Adha 2022.

“Saya mengimbau masyarakat agar tidak usah takut untuk mengkonsumsi daging sapi, karena penyakit ini tidak menular pada manusia dan tidak perlu khawatir untuk berqurban, tentunya dengan dengan kehati-hatian memilih hewan yang sehat,” ucap Iwan Setiawan usai melaksanakan shalat Ied Idul Adha 1443 H di Masjid Baitul Faidzin, Cibinong, Ahad, (10/7/2022).

Baca juga: Sembelih 5 Hewan Kurban, Bank Kota Bogor Berbagi di Idul Adha

Pesan ini disampaikannya seiring upaya Pemkab Bogor menanggulangi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi di sejumlah wilayah.

Di Kabupaten Bogor sendiri, pihaknya telah membentuk satgas pengawasan PMK yang bekerja sama dengan sekolah kedokteran hewan dan biomedis IPB University, untuk ditugaskan di seluruh peternak dan pedagang hewan ternak.

“Pengawasan masif dilakukan dengan memeriksa dan mengawasi kondisi hewan di seluruh peternakan yang ada di Kabupaten Bogor, untuk menjaga keamanan daging hewan kurban yang akan didistribusikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: The Jungle Berbagi Kurban Kepada Karyawan dan Warga Sekitar

Iwan juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat guna menjaga kesehatan bersama.

“Alhamdulillah saat ini kita sudah memasuki fase pemulihan sosial ekonomi pasca pandemi dan dapat melaksanakan sholat Idul Adha dalam suasana kondusif, namun saya meminta agar kita semua tetap berhati-hati dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk menjaga kesehatan bersama,” tandasnya.(cok/mg1)

Editor: Rany