Pelaku Penembakan Shinzo Abe Mantan Pasukan Bela Diri, Ini Motifnya

Shinzo Abe
Pelaku penembak PM Jepang Shinzo Abe saat dibekuk petugas.

JEPANG-RADAR BOGOR, Pelaku penembakan terhadap mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe saat ini tengah dalam pemeriksaan oleh petugas kepolisian Jepang.

Baca Juga : Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak di Dada Saat Pidato

Motif dari pelaku penembahan terhadap Shinzo Abe, yang diketahui bernama Tetsuya Yamagami (41) itu, terus didalami.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Seperti diketahui Shinzo Abe ditembak dua kali pada Jumat (8/7/202) saat berpidato dalam acara kampanyenya. Sempat dilarikan ke rumah sakit, Abe kemudian dinyatakan meninggal dunia.

Berdasar laporan awal, Yamagami disebut memang ingin membunuh Shinzo Abe. Dia mengaku tidak puas dan kecewa dengan Abe saat menjadi perdana menteri.

Laporan terbaru menyebut, Yamagami mengatakan Abe terlibat dalam organisasi tertentu. Dalam sebuah wawancara dengan penyelidik, Yamagami memang mengaku merencanakan untuk membunuh Abe karena dia pikir Abe terkait dengan sebuah organisasi yang dia benci.

Dikutip dari New York Post, polisi tidak mengungkapkan nama organisasi tersebut atau menjelaskan apa yang diyakini Yamagami. Selain itu, tidak disebutkan secara jelas apakah kelompok itu ada. “Dendam tersangka pembunuh tampaknya tidak tentang politik,” sebut polisi.

Saat ditahan, Yamagami bersikap tenang dalam menjawab setiap pertanyaan penyelidik. Polisi masih berusaha memastikan apakah Yamagami bertindak sendiri atau ada keterlibatan pihak lain di belakangnya.

Yamagami adalah penduduk Nara. Dia merupakan mantan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang selama tiga tahun. Sesaat setelah penembakan, banyak foto dan video muncul yang diduga menunjukkan Yamagami berdiri di belakang Shinzo Abe beberapa saat sebelum dia melepaskan tembakan dengan senjata rakitan.

Baca Juga : Ditembak! Mantan PM Jepang, Shinzo Abe Meninggal Dunia

Saat itu, Abe baru saja mulai menyampaikan pidato ketika tembakan awal terdengar. Abe terlihat memegangi dadanya dan perlahan-lahan jatuh ke tanah saat tembakan kedua dilepaskan. Para pengawal Abe segera menangkap Yamagami dan senjata miliknya terlihat jelas.

Shinzo Abe dinyatakan meninggal sekitar lima setengah jam kemudian setelah dilarikan ke rumah sakit. Abe disebut pihak rumah sakit kehabisan banyak darah karena luka dalam di jantung dan sisi kanan lehernya. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya