Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak di Dada Saat Pidato

Mantan PM Jepang Shinzo Abe
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak.

JEPANG-RADAR BOGOR, Peristiwa naas menimpa mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Jumat (8/7/2022) pagi. Ia ditembak di dada dari jarak jauh saat sedang berpidato dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga : MSAT Menyerahkan Diri, Izin Pesantren Shiddiqiyyah Dicabut Kemenag

Kondisi Shinzo Abe kini dalam keadaan kritis. “Kini berada dalam keadaan henti jantung setelah pingsan saat berpidato,” kata laporan awal.

Laporan awal mengatakan, suara tembakan terdengar tak lama sebelum Shinzo Abe jatuh ke tanah. NHK, penyiar publik Jepang, mengatakan Shinzo Abe tampak berdarah di dada setelah ditembak dari belakang dengan senapan.

NHK mengatakan seorang pria telah ditahan, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Shinzo Abe berada di Kota Nara untuk menyampaikan pidato kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi hari Minggu ini.

Perdana Menteri Terlama Menjabat

Shinzo Abe, perdana menteri terlama di Jepang, mengumumkan pengunduran dirinya karena kesehatan yang buruk pada Agustus 2020. Ia mengakhiri tugasnya sebagai pemimpin ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

“Saya telah memutuskan bahwa saya akan mengundurkan diri sebagai perdana menteri, dengan keyakinan bahwa saya tidak dapat terus menjadi perdana menteri,” kata Shinzo Abe kepada sebuah konferensi pers saat itu. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya