25 radar bogor

Kwarran Tanah Sareal Seleksi Pramuka Garuda 2022, Diikuti 44 Peserta

Pramuka Garuda
Seleksi Pramuka Garuda tahun 2022 dengan tema “Pramuka manusia Pancasila dalam solidaritas jaga sesama” Sabtu-minggu (18-19/6/2022) di SMA Negeri 6 Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Tanah Sareal menggelar seleksi Pramuka Garuda tahun 2022 dengan tema “Pramuka manusia Pancasila dalam solidaritas jaga sesama” Sabtu-minggu (18-19/6/2022) di SMA Negeri 6 Kota Bogor.

Baca Juga: Anggota Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor Ditempa Bela Negara 

Seleksi Pramuka Garuda diikuti oleh 44 peserta terdiri 6 siaga, 26 Penggalang dan 12 Penegak dari pangkalan Tanah Sareal. Para peserta begitu antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan mulai upacara pembukaan, Praktek Agama,Praktek Tekpram, hasta karya, wawancara, Praktek TIK dan bakat minat.

Waka Binamuda (Bidang Pembinaan Anggota muda) Syaefudin mengungkapkan, Pramuka Garuda harus berpengetahuan luas dan mempunyai keterampilan kepramukaan yang mumpuni dan bisa menjadi tauladan bagi lingkungannya dimanapun dia berada. “Manfaatnya ikut Pramuka Garuda bisa menjadi tauladan dan agent perubahan di lingkungannya,” tutur Syaefudin.

Baca Juga: Bantu Amankan Lalu Lintas Mudik Lebaran, Kwarcab Kabupaten Bogor Kerahkan 2000 Anggota Pramuka

Pramuka Garuda merupakan program rutin Kwarcab Kota Bogor, seleksinya ditindaklanjuti oleh tiap-tiap kwarran. Untuk menjadi Pramuka Garuda tidak di dapat dengan cara instan namun harus menyelesaikan ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada masing masing golongan(siaga,penggalang, penegak dan pandega).

Bagi yang lulus seleksi akan ada pemantapan Pramuka Garuda di Kwarcab Kota Bogor, dan siswa yang jadi Pramuka Garuda Bisa mendaftarkan SMP atau SMA negeri dari jalur prestasi yang sebagian besar setiap tahun selalu di terima di sekolah negeri. (*)

Editor : Yosep