25 radar bogor

Kloter Ketiga Jemaah Haji Asal Kabupaten Bogor Diberangkatkan

Jemaah Haji
Ilustrasi.

CIBINONG – RADAR BOGOR, Sebanyak 404 jemaah haji kloter ketiga asal Kabupaten Bogor diberangkatkan. Jemaah haji kloter 25 JKS ini merupakan kloter full terakhir asal Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Mangsa Hewan Peliharaan, Ular Sanca Batik Ini Ditangkap Warga Parungpanjang

“Untuk kloter selanjutnya, titik keberangkatan tetap dari Cibinong, namun nanti bertemu dengan jamaah dari daerah lain dalam kloter yang sama,” ungkap Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Muslimin kepada wartawan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong pada Selasa (21/6/2022).

Sementara 358 jemaah haji lainnya terbagi dalam tiga kloter yang akan digabung dengan jemaah dari daerah lain di luar Kabupaten Bogor.

Muslimin menegaskan, dengan kondisi cuaca yang panas di Arab Saudi, jemaah harus lebih mempersiapkan diri. Terutama alas kaki saat melaksanakan ibadah haji. “Selalu sediakan sendal dan sepatu jangan sampai lepas saat menuju Masjidil Haram,” imbaunya.

Sebelumnya, Kloter 03 dan 14, jemaah haji asal Kabupaten Bogor telah diberangkatkan. Muslimin mengatakan, ada total sebanyak 1570 jemaah haji Kabupaten Bogor yang berangkat di tahun 2022 ini. Mereka merupakan jemaah yang telah mendaftar sejak 2012 – 2013.

Ribuan jemaah haji ini dibagi ke dalam 6 kloter yakni kloter 3, 13, 25 untuk kloter full dan kloter 34, 36 dan 39 untuk kloter gabungan.

Baca Juga : Serapan Anggaran Rendah, Plt Bupati Bogor: Semua Kegiatan Masuk Tahap Lelang

Sementara untuk jemaah yang tertunda akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait batasan usia calon haji, Muslimin pastikan akan jadi prioritas di tahun selanjutnya.

“Di Kabupaten Bogor yang terkena dampak yakni 269 orang, mereka hanya tertunda keberangkatan dampak dari kebijakan tersebut, kalau tahun besok kebijakan ini sudah tidak ada lagi, mereka punya kesempatan berangkat,” tandasnya.(cok)

Reporter : Septi Nulawan
Editor : Yosep