25 radar bogor

Jamin Timnas Indonesia Lebih Kuat dan Tangguh di Piala Asia 2023

Timnas indonesia
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai menang atas Nepal. (PSSI.org)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, percaya bahwa di Piala Asia 2023, skuadnya akan lebih kuat, dan ia menjamin Indonesia akan lebih tangguh di kualifikasi.

Baca Juga : Menang Telak 7-1 Atas Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

“Kami akan membangun tim yang lebih kuat dan menunjukkannya di Piala Asia,” kata Shin Tae-yong dalam siaran pers PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu berjanji, akan membangun tim yang kuat setelah bermain di pertandingan kualifikasi ketiga Kuwait untuk Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni lalu.

Timnas Indonesia mengalahkan Nepal 7-0 untuk mengamankan Piala Asia AFC 2023 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Internasional Jaber Ahmed di Kuwait pada Rabu (15/6/2022) dini hari.

Tujuh gol Indonesia dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinand.

Timnas Indonesia muncul sebagai salah satu dari lima tim peringkat kedua terbaik di babak ketiga babak kualifikasi dengan poin enam, mengamankan tempat di Piala Asia 2023. Ini merupakan keikutsertaan Indonesia yang kelima di Piala Asia setelah 1996, 2000, 2004 dan 2007.

“Semuanya berjalan sesuai rencana, dan sebagai hasilnya, kami lolos ke Piala Asia,” kata Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan kunci sukses Indonesia adalah kemenangan 2-1 di laga perdana Grup A melawan Kuwait.

Kemenangan tersebut membuat semangat para pemain semakin kuat. Selain itu, para pemain sangat termotivasi untuk menyelesaikan semua pertandingan dengan hasil positif.

“Dalam kualifikasi seperti ini, sangat penting untuk mendapatkan hasil yang baik di game pertama. Juga, para pemain saya melakukan pekerjaan dengan baik. Setelah itu semuanya berjalan dengan baik,” kata Shin Tae-yong.

Namun, pria berusia 52 tahun itu mengakui bahwa hasil Grup A bukanlah rencana utama. Awalnya, Shin Tae-yong berharap meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang di Grup A. Dia mengincar kemenangan di Kuwait dan Nepal. Dan kemudian hasil seri ketika mereka bertemu Yordania.

Baca Juga : Timnas Indonesia Kalahkan Kuwait, Berikut Klasemen Grup A dan Jadwal Selanjutnya

Timnas Indonesia sukses menorehkan dua kemenangan. Namun kalah 0-1 dari Yordania.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berpeluang diperkuat pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Amat dan Walsh semula berencana berlaga di kualifikasi Piala Asia 2023, namun urung dilakukan karena proses menjadi warga negara Indonesia belum tuntas. (net)

Editor : Yosep