25 radar bogor

Menang Telak 7-1 Atas Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas indonesia
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai menang atas Nepal. (PSSI.org)

KUWAIT CITY-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kepastian itu didapat setelah pasukan Shin Tae-yong menggulung Nepal dengan skor telak 7-0 pada laga terakhir Grup A kualifikasi, Rabu (15/6/2022) dini hari. 

Baca Juga : Timnas Indonesia Catatkan Sejarah, Kali Pertama Dalam 40 Tahun Kandaskan Kuwait

Dengan 6 poin dan selisih gol 7, Timnas Indonesia termasuk dalam 5 runner-up terbaik di kualifikasi. Hanya juara grup dan 5 runner-up terbaik yang berhak melaju ke Piala Asia 2023.

Juara Grup A menjadi milik Yordania yang meraih hasil sempurna yakni 9 poin. Pada laga terakhir, Yordania berhasil mengalahkan Kuwait dengan skor 3-0.

Lolosnya Timnas Indonesia selain menang telak 7-0 atas Nepal, juga tak lepas dari kekalahan Kuwait dari Jordania. Di klasemen akhir Grup A, Indonesia berada di posisi kedua dengan 6 poin di bawah Yordania yang mendulang 9 poin. Sementara, Kuwait berada di posisi ketiga dengan 3 poin.

Baca Juga : Malaysia Cari Pelatih dari Korsel, Nama Shin Tae Yong Ikut Terseret

Ini adalah pencapaian yang luar biasa. Pasalnya, untuk pertama kali sejak 2007, Indonesia kembali tampil di putaran final Piala Asia. 

Ya, terakhir kali Merah Putih berkiprah di Piala Asia pada 2007. Dan, ini merupakan keikutsertaan Indonesia yang kelima. 

Sebelumnya Indonesia lolos ke Piala Asia pada 1996, 2000, 2004, dan 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Dari 4 keikutsertaan sebelumnya, Indonesia gagal melaju ke fase berikutnya.

Baca Juga : Filipina Dibantai Palestina, Peluang Indonesia Lolos ke Piala Asia Terbuka Lebar

Timnas Indonesia unggul cepat pada menit ke-6 lewat Dimas Drajad. Kartu merah yang diterima pemain Nepal, S Aryal, pada menit 33, membuat Indonesia tak terbendung dalam membangun serangan. Merah Putih menutup laga pada babak pertama dengan skor 2-0 setelah Witan Sulaeman mencetak gol pada menit 43.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia memberondong gawang Nepal dan menghasilkan 5 gol. Masing-masing lewat Fachruddin Aryanto pada menit 54, Saddil Ramdani pada menit 55, Elkan Baggott menit 80, Witan pada menit 81, dan Marselino Ferdinan pada menit 90.

Hingga laga berakhir, gawang Indonesia tak mampu dibobol Nepal. Dan, kemenangan telak 7-0 atas Nepal memastikan tiket ke putaran final Piala Asia 2023. (jpc)

Editor : Ruri Ariatullah