30 Sekolah Terafiliasi Ajaran Khilafatul Muslimin, Siswa Didoktrin Ideologi Gantikan Pancasila

Khilafatul Muslimin
Tangkapan layar rombongan pengendara sepeda motor membawa atribut Khilafatul Muslimin saat melintas di Cawang, Jakarta, Minggu (29/5/2022).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penyidikan terhadap organisasi Khilafatul Muslimin menguak fakta baru. Sebanyak 30 sekolah telah terafiliasi ajaran yang disebarkan Khilafatul Muslimin.

Baca Juga : Pimpinan Khilafatul Muslimin Dibekuk, Pernah Gabung NII

Fakta itu diketahui Tim penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya dari penangkapan AS (74), Menteri Pendidikan dalam organisasi Khilafatul Muslimin.

penerimaan mahasiswa baru universitas djuanda bogor

Dari penangkapan AS, terungkap adanya data yang menyatakan sebanyak 30 sekolah telah terafiliasi dengan ajaran Khilafatul Muslimin.

Selanjutnya, polisi akan berkoordinasi dengan pihak terkait atas temuan fakta baru ada 30 sekolah telah terafiliasi ajaran khilafah.

“Tentunya dalam hal ini, kami Polda Metro Jaya bakal melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menelusuri dan menindaklanjuti temuan ini,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulfan, Senin (13/6/2022).

Sedangkan terkait data 30 sekolah telah terafiliasi ajaran khilafah yang disebarkan Khilafatul Muslimin, mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu masih enggan menyampaikan detailnya.

Zulpan hanya mengatakan, bahwa para siswa tersebut didoktrin dengan ideologi Khilafah, sehingga mereka terlepas dari nilai-nilai Pancasila.

“Jadi intinya mereka sebarkan ideologi Khilafah itu di sekolah. Mereka doktrinlah. Kemudian doktrinisasi Khilafah itulah yang mereka katakan ini bisa menggantikan ideologi Pancasila,” ujar Zulfan.

Ia menyebutkan tim penyidik masih mendalami temuan lebih lanjut. “Untuk penelusuran, saya tidak mau mendahului penyidik. Nanti kalau sudah saya terima datanya saya sampaikan kok,” tegas Zulpan.

Dia mengisyaratkan dalam waktu dekat akan diungkapkan informasi perkembangan penanganan kasus Khilafatul Muslimin ini. “Intinya dalam dua minggu ini nanti Pak Kapolda yang akan menjelaskan detail terkait hal ini,” tukasnya.

Baca Juga : Terkuak! Ini Sumber Aliran Dana Khilafatul Muslimin, Nominalnya Masih Didalami 

Diketahui, tim penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, kembali melakukan penangkapan terhadap seorang anggota organisasi Khilafatul Muslimin di wilayah Mojokerto, Jawa Timur pada Senin (13/6/2022) sekira pukul 00.30 WIB dini hari.

Penangkapan di Mojokerto menyusul pengembangan atas penangkapan pemimpin tertinggi Khilafatul Muslimin di Bandarlampung belum lama ini. (net/disway)

Editor : Yosep

Berita Lainnya