25 radar bogor

Polbangtan Bogor Gelar FGD, Perkuat Output Paten dan Hak Cipta

Polbangtan Bogor
Polbangtan Bogor gelar FGD dengan PATP.
Polbangtan Bogor
Polbangtan Bogor gelar FGD dengan PATP.

BOGOR – RADAR BOGOR, Polbangtan Bogor mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Balai Pengelolaan Alih Teknologi Pertanian (PATP).

Baca Juga : Cetak Lulusan Berakhlak, Polbangtan Bogor Gelar Gat Rohani Dauroh Tarqiah

Balai PATP memiliki Sentra Kekayaan Intelektual dan Pengelolaan Alih Teknologi serta memiliki jurnal yang sudah terindeks Sinta 1 dan 2.

Bagaikan gayung bersambut, acara tersebut membuka wawasan bahwa sinergi antara pendidikan vokasi dan Balai PATP merupakan peluang peningkatan perlindungan bagi HKI civitas akademik Polbangtan Bogor.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pun menyatakan bahwa sektor pertanian harus didorong menjadi subsektor ekonomis yang maju, mandiri dan modern.

“Berharap hasil penelitian dan rekayasa teknologi dapat diadopsi pada sektor pertanian dan sektor industri serta dapat dimanfaatkan untuk mendukung Program Strategis Kementan,” ujar Mentan Syahrul.

Dedi Nursyamsi, selaku Kepala BPPSDMP optimis pendidikan vokasi Kementan dapat mencetak petani milenial berkualitas.

“Untuk itu berbagai hasil penelitian diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pertanian,” kata Dedi.

Pada kesempatan tersebut, FGD Polbangtan Bogor diawali dengan pemaparan materi oleh Toto Sutater selaku perwakilan Balai PAPT.

“Balai PATP memiliki sumber daya manusia dan sentra KI yang dapat membantu atau memfasilitasi pengusulan paten sehingga harapannya bisa mendukung proses pengembangan KI di lingkup Kementerian Pertanian,” ungkapnya.

Yoyon Haryanto selaku Wadir III Polbangtan Bogor mengatakan, Polbangtan Bogor siap bekerjasama dengan Balai PATP.

“Berikutnya kita agendakan pelatihan terkait prosedur pengusulan KI yang bersamaan dengan forum rapat rutin dosen Polbangtan Bogor,” jelasnya.

Baca Juga : Wujudkan Ketahanan Pangan, Polbangtan Bogor Tingkatkan Peran Petani Milenial

Nurjaman dari Balai PATP turut memberikan masukan bagi Polbangtan Bogor.

“Pada saat pelatihan nanti, peserta silahkan membawa proposal produk, metodologi penelitian dan invensi yang akan diusulkan menjadi paten sederhana. Kami siap mendukung dan mendampingi untuk pengusulan tersebut” ungkapnya. (*)

Pewarta: Intan Kusuma
Editor: Ardianinda Wisda