25 radar bogor

Tips Memilih Hewan Kurban di Tengah Merebaknya Wabah PMK

Ilustrasi tips memilih hewan kurban
Ilustrasi tips memilih hewan kurban
Ilustrasi tips memilih hewan kurban
Ilustrasi tips memilih hewan kurban

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak kini tengah merebak. Masyarakat pun diminta lebih selektif untuk memilih hewan kurban seperti sapi dan kambing, dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga : Ternak Bergejala Klinis Wabah PMK Ditemukan di RPH Bubulak

Dokter Hewan Erlina Swardani mengatakan, ada beberapa syarat untuk memilih hewan kurban yang sehat seperti sapi dan kambing.

Ia menyebutkan sapi terdiri dari dua macam yakni sapi potong dan sapi perah, dan masing-masing memerlukan kebutuhan nutrisi yang berbeda. Sapi potong diperuntukkan untuk penggemukan badan. Sapi perah diperuntukkan untuk produksi susu.

“Jadi dari perhitungan jumlah pakannya pun berbeda. Bekatul berapa jumlah proteinnya berapa, karbonya, lemaknya, kami hitung,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Maka menurutnya, ada beberapa hal yang membuat sapi dan kambing lebih sehat serta berkualitas. Salah satunya adalah ditentukan oleh pakan ternak.

“Kalau pakan ternak kekurangan protein bisa menggunakan tepung ikan, tapi kan mahal ya. Maka kita dapat menggunakan Fermented Mother Liquor (FML) untuk digunakan sebagai suplemen pakan ternak,” jelas drh. Erlina.

Bagaimana tips memilih hewan kurban yang sehat? Ini cara mudahnya:

1. Bobot Hewan

Saat hewan ternak diberi pakan ternak yang cukup dan bergizi baik, maka akan meningkatkan selera makan ternak menjadi lebih besar. Hal itu akan memengaruhi bobotnya agar cukup dan layak menjadi hewan kurban.

“Memang kalau Idul Adha yang dipilih pasti ternak yang sehat, apalagi sekarang booming PMK. Beratnya juga yang pas, kita harus bisa bedakan di mana sapi pakannya terserap sempurna,” jelasnya.

Menurut drh. Erlina, hewan ternak yang sehat memiliki tekstur daging yang baik. Hal itu menandakan pakan terserap sempurna.

Baca Juga : Hewan yang Terjangkit Wabah PMK Sah Dikurbankan, Ini Penjelasan MUI

“Kalau pakan terserap sempurna biasanya dagingnya itu di sapinya kelihatannya ototnya keset. Kalau banyak minum, malah lebih bergelambir,” katanya.

2. Pastikan Hewan Ternak

Hewan ternak yang diperbolehkan adalah unta, kambing, domba, sapi, kerbau. Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

3. Umur Hewan Kurban

Dalam laman BAZNAZ disebutkan, umur hewan yang dikurbankan penting karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda.

Jika Anda ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Nah, itulah tips memilih hewan kurban yang sehat dan bebas PMK. Semoga bermanfaat!. (jpg)

Editor : Yosep