25 radar bogor

7 Alasan Pentingnya Menggunakan Software Personalia Bagi Perusahaan

Software Personalia
Ilustrasi Software Personalia.
Software Personalia
Ilustrasi Software Personalia.

RADAR BOGOR-Karyawan adalah salah satu aset perusahan. Maka perusahaan harus tahu bagaimana menangani karyawan dan juga memanajemen dengan baik. Perusahaan bisa menggunakan software personalia untuk bisa menurunkan tingkat turnover karyawan.

Baca Juga : 10 Tips Jalan-Jalan Hemat Tanpa Menguras Dompet

Ya, sebagai pemilik bisnis, Anda harus paham tentang fungsi-fungsi dari human resource tersebut seperti absensi, menghitung penggajian, proses cuti dan perizinan.

Meski terdengar mudah dan menyita waktu cukup besar dan mengalami rawan kesalahan terutama jika karyawan yang Anda miliki cukup banyak.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perusahaan Anda perlu Software personalia yang penting diperhatikan:

1. Adaptasi dengan Perkembangan Zaman

Alasan mengapa perusahaan Anda perlu Software personalia yang pertama adalah, perusahaan Anda harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Zaman yang semakin modern ini menuntut setiap perusahaan untuk bisa mengikuti perkembangannya. Bisnis yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman ini akan tertinggal dan tidak bersaing dengan kompetitor.

Teknologi yang berkembang dengan pesat ini akan membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan kecanggihan teknologi proses yang dulunya rumit bisa disederhanakan sehingga proses pengerjaannya lebih efektif dan efisien. Hal yang bisa disederhanakan adalah administrasi berhubungan dengan karyawan dan tugas Human Resources lainnya.

2. Kehadiran Karyawan yang Terkontrol

Alasan mengapa perusahaan Anda perlu Software personalia selanjutnya adalah software ini akan membuat kehadiran karyawan menjadi lebih terkontrol.

Salah satu kontribusi yang penting dari karyawan untuk perusahaan adalah waktu yang mereka berikan untuk bisa bekerja. Performa perusahaan akan menurun jika karyawan sering bolos dalam bekerja.

Menggunakan absensi manual, besar kemungkinan data yang diberikan manipulatif sehingga merugikan bagi perusahaan. Hal yang sering terjadi adalah banyak karyawan yang melakukan titip absen kepada teman sekantornya.

Berbeda jika menggunakan Software personalia ini dimana absen sifatnya online dan membuat data manipulatif bisa dihindari.

3. Efisiensi Waktu

Alasan selanjutnya adalah efisiensi waktu. Waktu ini sangat penting bagi perusahaan bisnis Anda. Siapa yang tidak bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya akan tertinggal.

Dengan Software personalia yang diaplikasikan dan implementasikan ke perusahaan akan membuat proses HR yang tadinya rumit berubah menjadi lebih simpel.

4. Memberikan Akses yang Mudah

Alasan mengapa perusahaan Anda perlu Software personalia selanjutnya adalah memberikan akses yang mudah terutama bagi karyawan.

Karyawan Anda bisa mudah dalam mengajukan cuti dan juga izin, karena semuanya dilakukan dengan cara online. Karyawan tidak perlu sibuk mengetik surat permohonan cuti dan juga lampiran-lampirannya kemudian diserahkan ke HR.

Dengan sistem berbasis online HR bisa mengetahui siapa saja yang mengajukan cuti dan memanajemen cuti karyawan dengan mudah. Tidak hanya HR saja yang akan merasakan senang namun karyawan pun akan merasakan hal yang sama.

5. Penyimpanan Data yang Lebih Aman

Anda yang menggunakan Software personalia terbaik perusahaan bisa menyimpan data lebih aman. Software personalia akan memungkinkan perusahaan Anda untuk menyimpan data karyawan dengan basis online mulai dari data pribadi, karier, jatah cuti sampai dengan penggajian yang berbasis digital.

Anda tidak perlu lagi menghitung tunjangan karyawan dan jumlah anggota keluarganya. Anda cukup mengakses daya yang tersimpan secara online dengan klik.

Selain itu Software personalia ini penyimpanannya lebih minimalis tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga lapang. Untuk mencari data yang diperlukan Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci saja kemudian data yang Anda inginkan akan muncul.

6. Menunjang Payroll yang Lebih Akurat

Software personalia terbaik bisa menunjang payroll atau penggajian yang lebih akurat. Kompensasi ini merupakan hal yang serius.

Selain itu juga menjadi refleks komitmen perusahaan untuk bisa mensejahterakan karyawan. Kompensasi juga menjadi hal sensitif bagi karyawan sehingga perusahaan harus bisa menghitung kompensasi atau gaji karyawan ini dengan cermat dan juga teliti.

Ada banyak komponen penggajian yang harus diperhatikan seperti lembur, bonus sampai dengan THR yang mana disesuaikan dengan kontribusi karyawan yang diberikan.

Tentu saja menghitung dengan cara manual ini hanya akan membuat waktu penggajian terlambat dan rentan mengalami human error.

7. Menyesuaikan Aturan Pemerintah

Perusahaan wajib menggunakan Software personalia untuk menyesuaikan dengan aturan pemerintah. Regulasi pemerintah ini berubah dari waktu ke waktu.

Saat regulasi ini diubah maka perusahaan Anda akan mengalami jet-lag ketika implementasi. Misalnya saja adalah terbawa aturan lama padahal aturan baru ini sudah diberlakukan.

Untuk bisa mengurangi potensi yang merugikan maka Software personalia ini bisa diupdate. Setelah itu software akan disesuaikan dan mendapatkan pembaruan sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah maupun perusahaan.

Itulah beberapa alasan mengapa perusahaan Anda perlu Software personalia ini, jika Anda merasakan selama ini performa HR belum maksimal maka Software personalia ini menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan Anda, pilih vendor terpercaya yang memahami kebutuhan perusahaan Anda dengan baik.

Tips Mencari Software personalia Terbaik dan Rekomendasinya

Di masa pandemi saat ini kebutuhan perusahaan akan software personalia semakin meningkat. Adanya penerapan kebijakan bekerja dari rumah menjadi tantangan tersendiri terutama terkait masalah kehadiran karyawan.

Hal inilah yang membuat HR kesulitan dalam mengelola data karyawan sehingga membutuhkan teknologi sistem informasi kepegawaian online yang mampu memaksimalkan kegiatan bisnis.

Software personalia merupakan perangkat lunak yang mampu mengelola segala kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan.

Baca Juga : Mau Produktif tapi tetap Healing, Simak Nih Tips dari Samsung Electronics Indonesia

Apa pun jenis industrinya pasti membutuhkan suatu software yang dapat membantu meringankan pekerjaan HRD, seperti absensi kerja, rekrutmen, penggajian karyawan, pembayaran dan pelaporan pajak, evaluasi kinerja, hingga cuti karyawan.

Software personalia jadi pilihan terbaik bagi perusahaan Anda dengan beragam fitur yang ditawarkan yang tentunya akan memberikan keuntungan lebih.

Adanya software ini membuat Anda memiliki kelompok pelamar yang luas, dapat menghemat waktu dan biaya, serta penyaringan lamaran dilakukan secara otomatis.

Menariknya fitur-fitur software personalia yang ada saat ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan jenis bisnisnya.

Namun, untuk memilihnya satu diantaranya bisa dibilang gampang gampang susah karena tiap perangkat punya keunggulan masing-masing.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda dalam memilih software personalia terbaik, diantaranya adalah:

1. Mudah Dioperasikan dan Dipahami

Tentunya dalam mencari suatu software pasti inginnya yang mudah digunakan dan dipahami bukan. Jika Anda sulit untuk 2. memahami pemakaiannya bagaimana bisa diterapkan di perusahaan Anda.

Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu pada software tersebut. Banyak pengembang yang memberikan uji coba gratis selama satu bulan sebelum Anda benar-benar memutuskan apakah ingin menggunakannya.

Atau bisa juga mengikuti demo yang ditawarkan agar Anda bisa menilai apakah fitur-fitur yang disediakan mudah dimengerti dan digunakan.

2. Fleksibilitas Software

Mengingat masing-masing perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, pertimbangkan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam kostumisasi atau hanya memilih layanan yang hanya dibutuhkan perusahaan saja.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk melihat apakah ada fitur integrasi data di dalamnya agar apabila ada perubahan akan langsung berubah secara otomatis.

3. Keamanan Data Terjamin

Pastikan aplikasi yang dipilih bisa menjamin keamanan data penggunanya dan disertai sistem keamanan mumpuni. Ini jadi kewajiban yang harus dipikirkan mengingat Anda akan memasukkan data-data penting ke dalam perangkat lunak tersebut. Terlebih apabila Anda memutuskan untuk menggunakan layanan jasa outsourcing yang ditawarkan pengembang.

4. Pilih Harga yang Sesuai Budget

Memilih software personalia memang tidak boleh asal tapi pastikan juga anggaran yang perusahaan miliki sesuai dengan harga perangkat lunaknya. Namun, jangan juga Anda tergoda harga murah yang ditawarkan tapi pertimbangkan kualitas layanannya.

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Meskipun penyedia layanan menawarkan harga murah tapi kualitasnya mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, kenapa tidak.

Namun, Anda harus bisa melihat segala kebutuhan perusahaan agar Anda tahu apa yang perlu dicari dalam sebuah software personalia.

6. Rekomendasi Software personalia Terbaik

Jika Anda bingung dalam memutuskan untuk memilih software personalia terbaik, rekomendasi yang paling tepat adalah software personalia Talenta by Mekari.

Talenta by Mekari adalah software personalia berbasis cloud di Indonesia yang menawarkan fitur-fitur lengkap dalam mendukung manajemen karyawan.

Dengan Talenta by Mekari, Anda tidak hanya dapat mengelola absensi karyawan melainkan juga administrasi database karyawan, penghitungan payroll, perhitungan dan pelaporan pajak, distribusi slip gaji, pelaporan bpjs, dan masih banyak lagi.

Software personalia Talenta by Mekari memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengolah data dan informasi dari karyawan.

Karena software ini berbasis cloud, memudahkan dalam penyimpanan data serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja apabila dibutuhkan.

Kelebihan Lainnya dari Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://talenta.co. (*)

Editor : Yosep