25 radar bogor

10 Tips Jalan-Jalan Hemat Tanpa Menguras Dompet

Jalan-Jalan Hemat
Ilustrasi Jalan-Jalan Hemat.
Jalan-Jalan Hemat
Ilustrasi Jalan-Jalan Hemat.

RADAR BOGOR-Jalan-jalan atau traveling banyak digemari khususnya bagi millenials. Banyak kawula muda yang rela menabung dan menghabiskan banyak uang untuk membeli pengalaman jalan-jalan hemat ke berbagai tempat.

Baca Juga : Layanan Digital Semakin Lengkap, BRI Gandeng Traveloka Tambah Fitur Travel di BRImo

Traveling dipercaya dapat membuat pikiran lebih segar setelah menjalani rutinitas yang penat. Selain itu, traveling juga membuka kesempatan baru untuk berteman, memahami budaya tempat wisata, dan membuka wawasan baru.

Berbicara tentang traveling, pasti tak lepas dari aplikasi Traveloka. Aplikasi ini berisi berbagai layanan yang memudahkan Anda untuk menemukan layanan transportasi, pembelian tiket tempat wisata, tempat makan, penginapan, asuransi, dan berbagai layanan lainnya.

Bahkan, sekarang Anda bisa memanfaatkan sistem PayLater untuk memenuhi segala keperluan berlibur Anda. Terlebih lagi, di aplikasi ini juga tersedia berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Tips Jalan-Jalan Hemat Tanpa Menguras Dompet

Nah, bagi Anda yang sangat ingin traveling tapi dompet tipis, ikuti tips berikut ini agar jalan-jalan Anda lebih menyenangkan tanpa menguras banyak uang. Yuk, simak ulasannya!

1. Tentukan Destinasi yang Tidak Terlalu Jauh

Langkah pertama agar traveling Anda tidak menguras dompet adalah menentukan destinasi. Kalau bisa pilih destinasi yang tidak terlalu jauh, misalnya kota atau negara tetangga sehingga tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk transportasi.

Anda juga sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan destinasi dan tempat wisata sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk naik taksi atau transportasi umum. Anda juga dapat memilih paket wisata yang menawarkan pilihan paket yang lebih murah.

2. Anggarkan Bujet Traveling

Bujet traveling sangat penting untuk disiapkan. Bujet memberikan gambaran dan rencana tentang tujuan, pemilihan hotel, transportasi, biaya makan, tiket, tour guide, dan sebagainya.

Kalau Anda tidak mempersiapkan bujet traveling dengan baik, bisa-bisa Anda kehabisan uang di tengah traveling dan tentunya hal ini akan menyulitkan Anda.

3. Menabung dari Jauh Hari

Setelah menganggarkan travelling, Langkah selanjutnya adalah menabung dari jauh-jauh hari. Semakin lama menabung, semakin banyak uang yang dikumpulkan sehingga Anda bisa benar-benar menikmati liburan tanpa khawatir kehabisan uang. Selain itu, Anda juga dapat lebih banyak mengunjungi tempat wisata karena tabungan semakin banyak.

4. Gunakan Layanan Traveloka PayLater

Banyak keuntungan saat menggunakan layanan Traveloka PayLater saat merencanakan jalan-jalan. Anda dapat mencicil biaya traveling, selain itu banyak promo tersedia bagi pengguna Traveloka PayLater.

Baca Juga : Traveloka Resmikan Traveloka Campus di BSD Green Office Park BSD City

Selain itu, bunga pembayarannya juga sangat terjangkau. Sekaligus Anda dapat membayar tagihan dengan berbagai cara untuk memudahkan transaksi.

5. Manfaatkan Promo

Online Travel Agent biasanya sering mengadakan promo di waktu-waktu tertentu, Jangan sampai Anda lewatkan kesempatan promo tersebut.

Memang untuk mendapatkan promo dari Online Travel Agent membutuhkan usaha lebih karena berebut dengan traveller lainnya. Tetapi, harga promo sangatlah murah dan sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.

Biasanya promo ini dapat dimanfaatkan untuk menghemat biaya hotel, transportasi, tempat makan, hingga biaya tiket masuk.

6. Pilih Wisata Backpacker

Memilih wisata backpacker juga bisa dikatakan cukup hemat. Anda tak perlu membayar biaya bagasi pesawat ataupun sewa porter karena bawaan terlalu banyak. Tetapi kekurangan wisata backpacker adalah Anda harus membawa barang sesedikit mungkin agar barang cukup masuk ke dalam tas yang Anda bawa.

7. Bergabung di Komunitas Traveler

Cara lain untuk jalan-jalan hemat ialah bergabung ke komunitas traveling. Biasanya travel agent memiliki paket wisata yang menawarkan harga murah apabila dalam satu kelompok diikuti oleh banyak orang. Selain itu, Anda tak perlu mengatur itinerary karena biasanya sudah diatur oleh travel agent.

Anda juga bisa mendapatkan teman baru sesame traveller apabila bergabung di komunitas ini.

8. Tak Perlu Pakai Tour Guide

Liburan hemat tak perlu memakai tour guide yang harus dibayar. Anda dapat mengandalkan kecanggihan internet dalam menawarkan tempat wisata. Cukup cari tempat wisata lewat mesin pencari, lalu informasi mengenai harga masuk tiket, keramaian, alamat, dan ulasan tersedia dengan mudah.

Jika sudah memilih tempat wisata, Anda cukup minta arahan mesin pencari untuk menunjukkan cara menuju ke tempat tersebut. Tak perlu uang tambahan untuk tour guide, deh.

9. Pilih Tanggal Low Season

Pemilihan tanggal juga penting saat ingin jalan-jalan hemat. Pasalnya, tanggal-tanggal high season bisa membuat harga akomodasi dan transportasi naik sampai dua kali lipatnya. Selain itu, pada high season tempat wisata juga jadi lebih ramai dan sulit untuk menikmati liburan yang lebih santai.

10. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Biasanya harga hostel lebih murah daripada hotel. Selain itu, jika Anda lebih suka bepergian ke tempat wisata, lebih baik pilih hotel capsule saja. Hotel capsule bisa dijadikan tempat tidur dan mandi saja, sisa waktunya bisa Anda habiskan di luar ruangan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Sudah cukup banyak hotel capsule yang menawarkan fasilitas yang lengkap dan bersih dengan harga terjangkau. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi mencari tempat penginapan murah.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara jalan-jalan hemat tanpa mengeluarkan banyak uang. Selain tips di atas, Anda juga sebaiknya memilih toko oleh-oleh di pasar saja, jangan di toko. Biasanya beli oleh-oleh di pasar bisa ditawar apalagi jika Anda membeli banyak barang. (*)

Editor : Yosep