25 radar bogor

Diikuti Jutaan Warga, Senam Sicita PDI Perjuangan Pecahkan Rekor MURI

Senam Sicita PDI Perjuangan
Senam Sicita PDI Perjuangan di Alun-alun Kota Bogor yang berhasil mencatatkan Rekor MURI, Jumat (20/5/2022).
Senam Sicita PDI Perjuangan
Senam Sicita PDI Perjuangan di Alun-alun Kota Bogor yang berhasil mencatatkan Rekor MURI, Jumat (20/5/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Diikuti jutaan warga di seluruh Indonesia secara serentak, Jumat (20/5/2022), Senam Sicita PDI Perjuangan berhasil mencatatkan Rekor MURI.

Baca Juga : Tiga Parpol Koalisi Wacanakan Penundaan Pemilu 2024,  Puan Tegaskan PDIP Tetap Menolak

Senam Sicita PDI Perjuangan diluncurkan secara resmi pada Hari Ulang Tahun PDIP 10 Januari 2022 oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangkaian memperingati ulang tahun partai ke 49 dan dalam rangka memperingati hari kebangkitan Nasional 2022.

Kegiatan Senam Sicita PDI Perjuangan ini dilaksanakan secara serentak se-Indonesia, dan disiarkan melalui akun Youtube PDI Perjuangan, senam kolosal Sicita  dimulai pukul 07.00 WIB.

Untuk kota Bogor, senam ini di Alun-alun Jalan Kapten Muslihat, Sementara di Jakarta akan dilaksanakan di Lapangan Banteng.

Kegiatan serupa, dan di waktu yang sama, juga digelar PDI Perjuangan di seluruh kabupaten kota se Indonesia.

Sebanyak 1.000 orang warga Kota Bogor mengikuti Sicita PDI Perjuangan. Dengan rincian 200 peserta dari kader PDI Perjuangan, dan 800 peserta dari masing-masing konstituen anggota DPRD.

“Jumlah keseluruhan peserta Sicita PDI Perjuangan Kota Bogor yakni 1.000 orang,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, saat di temui di Alun-alun Kota Bogor, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga : Hepatitis Akut Misterius Terancam Jadi Pandemi Baru, Ini Kata Kemenkes

Sementara, dari tiap pengurus DPD PDI Perjuangan di 37 provinsi se-Indonesia, mengerahkan sebanyak 500 peserta yang mengikuti senam.

Jika ditotal, akan hadir jutaan kader PDI Perjuangan turun ke lapangan mengikuti Sicita yang bertajuk ‘Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya’.

“Hari ini para pengurus DPC, Fraksi, PAC, Ranting dan para Pengampu se-Kota Bogor melaksanakan senam Sicita secara serentak bersama seluruh kader PDI Perjuangan se Indonesia, dalam rangka kegiatan pemecahan rekor peserta senam terbanyak se-Indonesia dan dunia,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mensosialisasikan Sicita PDI Perjuangan kepada masyarakat agar selalu hidup sehat dengan melakukan kegiatan senam karena diiringi oleh lagu-lagu khas daerah di Indonesia.

“Semangat kembali mengukir sejarah ini terus menyala-nyala dan tak pernah redup di dada para kader PDI Perjuangan, sekaligus merayakan HUT ke-49,” ucapnya.

Dadang juga menambahkan, senam sehat ini bisa membangun karakter bangsa juga menyehatkan masyarakat.

Gerakan senam di seluruh nusantara dilaksanakan atas arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan keyakinan bahwa dalam tubuh yang sehat, jiwa dan pikiran juga sehat.

Senam Sicita ini, tak beda dengan aerobik pada umumnya. Senam ini bisa digelar secara berkelompok di tempat terbuka, atau dilakukan sendiri di rumah.

Manfaat senam ini, tak hanya menurunkan berat badan. Senam Sicita PDI Perjuangan juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan jantung. Selain itu, masih banyak manfaat senam aerobik lainnya, terlebih jika dilakukan secara rutin.

Sicita dengan mengusung pesan Spirit cinta Tanah Air, karena diiringi oleh lagu lagu daerah di Indonesia, merupakan rangkaian gerakan dengan tempo lambat dan dikombinasikan dengan cepat yang bertujuan untuk meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh.

“Hampir setiap gerakan dalam senam aerobik bertujuan untuk melancarkan dan meningkatkan aliran oksigen ke otot tubuh dan jantung. Semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh, fungsi organ dapat berjalan dengan baik dan tubuh pun semakin sehat,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep