25 radar bogor

Keren! HUT Kebun Raya Bogor ke-205 Catatkan Dua Rekor MURI

HUT Kebun Raya Bogor ke-205
Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama istri  melakukan penanaman sejumlah tumbuhan pada HUT Kebun Raya Bogor ke-205 Rabu (18/5/2022). REKA FATURACHMAN/RADAR BOGOR
HUT Kebun Raya Bogor ke-205
Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama istri  melakukan penanaman sejumlah tumbuhan pada HUT Kebun Raya Bogor ke-205 Rabu (18/5/2022). REKA FATURACHMAN/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Acara peringatan HUT Kebun Raya Bogor ke-250 Rabu (18/5/2022), mencatatkan dua Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Baca Juga : Peringatan 205 Tahun Kebun Raya Bogor, BRIN Resmikan Griya Anggrek

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi, Yan Rianto menjelaskan peringatan HUT Kebun Raya Bogor ke-205 diikuti dengan acara penanaman koleksi kebun raya serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan penanaman koleksi secara bersamaan di seluruh kebun raya di Indonesia ini menjadi Rekor MURI,” ujar Yan Rianto Rabu (18/5/2022).

Terdapat dua rekor MURI yang tercatat yakni penanaman spesies terbanyak, yakni 102 spesies. Kemudian, rekor penanaman tumbuhan secara serentak di 23 kebun raya yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengatakan BRIN sangat senang dapat mencatatkan rekor MURI.

Dirinya mengakui, hal ini bukan hanya sekadar bentuk apresiasi dan penghargaan, melainkan sebagai simbol bahwa BRIN dapat membuat sesuatu yang bisa meningkatkan atraktivitas untuk publik. “Kebun Raya Bogor memiliki kemampuan untuk itu,” tegasnya.

Selain itu, di momen peringatan HUT Kebun Raya ke-205 Handoko berharap agar Kebun Raya Bogor dapat menjadi role model bagi kebun raya yang lain.

Fungsi kebun raya diharapkan tidak hanya untuk riset, konservasi, edukasi dan wisata, melainkan juga termasuk science center untuk menjadi tempat pemberdayaan ekonomi UMKM di daerah masing-masing berbasis teknologi.

Baca Juga : E-Toll Diganti MLFF, Bayar Tol Tak Perlu Berhenti. Begini Caranya!

“Selain itu juga untuk tempat berkesenian. Sehingga kebun raya menjadi pusat aktivitas masyarakat di lingkungan,” tambah Handoko.

Dalam rangkaian HUT Kebun Raya Bogor ke-205 tersebut, Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama istri serta Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko melakukan penanaman sejumlah tumbuhan. (reka)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep