25 radar bogor

E-Toll Diganti MLFF, Bayar Tol Tak Perlu Berhenti. Begini Caranya!

Ilustrasi E-Toll digantil MLFF
Ilustrasi E-Toll digantil MLFF
Ilustrasi E-Toll digantil MLFF
Ilustrasi E-Toll digantil MLFF

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penggunaan E-toll rencananya akan dicabut oleh pemerintah dan digantikan dengan MLFF atau Multi Lane Free Flow. Rencana E-toll diganti MLFF itu mulai berlaku akhir Desember 2022.

Baca Juga : Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Sumo, 14 Penumpang Tewas

MLFF adalah sistem pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Sistem MLFF ini merupakan inovasi yang menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol.

Dengan menggunakan sistem MLFF, pengendara cukup mengunduh program palikasi di smartphonenya tanpa harus melakukan pembelian alat apapun.

Program ini nantinya akan terhubung dengan Global Navigation Satelit System (GNSS) sehingga sistem secara otomatis akan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone.

Dengan GNSS ini smartphone nantinya akan langsung terhubung dengan satelit yang akan membantu saat melakukan transaksi, dan saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong.

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah mengungkapkan bahwa E-toll diganti MFLL pada akhir 2022.

Tentunya proses E-toll diganti MFLL ini bertahap, di mana nantinya akan diberlakukan di beberapa ruas jalan tol, terutama di Jawa dan Bali.

Baca Juga : Kecelakaan di Tol Cipularang, Travel Tabrak Truk. Dua Tewas!

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyatakan, pelaksanaan MLFF ini nantinya dilakukan secara bertahap dimulai pada tahun 2022.

“Nanti penerapannya akan berjalan dengan skema sekitar 50 persen dari total gardu pada gerbang tol akan digunakan untuk MLFF. Sedangkan 50 persen dari gardu tol masih dapat digunakan bagi penegndara yang menggunakan e-toll,” jelasnya.

Salah satu kelebihan lain dari MLFF ini karena dapat digunakan pada semua jenis kendaraan yang akan melintas di tol.

Dengan rencana E-toll diganti MLFF ini diharapkan akan mempersingkat waktu transaksi saat masuk tol menjadi 0 detik saja. (jpg)