25 radar bogor

Presiden Ukraina Mengaku Diundang Presiden Jokowi Hadir di G20 Bali

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengaku mendapat undangan dari Presiden Indonesia Jokowi untuk hadiir di event G20 Bali.

Baca Juga : Krisis Pangan di Era Perang Rusia dan Ukraina

Hal itu terungkap dari cuitan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di media sosial, Rabu (27/4/2022) malam.

“Telah berbicara dengan Presiden (bendera RI) Jokowi. Terima kasih untuk mendukung (bendera Ukraina) kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Keamanan pangan adalah isu yang dibicarakan,” ujar Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (28/4/2022).

Sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah lebih dahulu melakukan sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Dalam pembicaraan tersebut, isu tentang konflik geopolitik, termasuk krisis kemanusiaan di Ukraina, dibahas oleh kedua menteri.

“Saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Ukraina,” katanya melalui akun Twitter-nya.

Selain itu, Retno juga menyatakan Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung upaya penyelesaian konflik secara damai melalui perundingan. Perang Rusia dan Ukraina kini memasuki 2 bulan dan belum menunjukkan arah gencatan senjata. (net)