25 radar bogor

Ramadan Camp, TPQ El Rahmah Didik Santri Lebih Mandiri

Ramadan Camp

LEUWILIANG – RADAR BOGOR, Puluhan peserta atau santri mengikuti kegiatan Ramadan Camp, yang dipelopori oleh TPQ El Rahmah Leuwiliang, berlangsung pada Sabtu-Ahad 7-8 Ramadan 1443 Hijriah, di kawasan Perumahan Grand Sutera Leuwiliang.

Baca Juga : Sediakan Paket Buka Bersama, Resto Raasaa Siapkan Promo Khusus Ramadan

Pimpinan Yayasan Rahmat Qur’an Indonesia Ustad Sokhauddin Rahmat menyebutkan, Ramadan Camp dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di ruang kelas TPQ El Rahmah, dan meminjam  asrama Pesantren mahasiswa Institut Ummul Quro Al Islami Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

“Ramadan Camp ini bertujuan mendidik para santri untuk belajar hidup mandiri, dan melatih membiasakan diri dengan kehidupan pesantren. Sehingga mereka tergerak untuk memilih pesantren sebagai lembaga pendidikan selanjutnya,” ungkap pria yang akrab disapa ustad Sokha ini.

Selain itu lanjutnya, peserta Ramadan Camp berjumlah 37 santri, dan lima pembina berasal dari TPQ El Rahmah, dan di luar TPQ berusia 6-13 tahun.

“Kegiatan diisi dengan tadarus bersama, salat tarawih, sahur bersama, buka bersama, nonton bareng film sejarah Rasul, sesi motivasi, kajian fiqih, hingga kajian tahsin,” terangnya.

Senada, Kepala TPQ El Rahmah Leuwiliang, Ela Susilawati mengatakan, manfaat yang akan dirasakan oleh peserta atau santri dalam mengikuti Ramadan Camp ini di antaranya santri dapat merasakan bagaimana suasana lingkungan pesantren tempat mereka meneruskan pendidikan selanjutnya.

“Keunggulan lainnya santri dapat teman baru, pengalaman baru, dan tentunya ilmu baru,” ucap ustadzah Ela.

Dengan adanya Ramadan Camp ini ia berharap, peserta dapat mengaplikasikan kebiasaan baik selama camp, untuk diterapkan di rumah.

Apalagi selama mengikuti Ramadan Camp ini para peserta sangat antusias, begitu juga dengan wali santri.

“Ke depannya, insha Allah kami akan mengadakan Ramadan Camp ini secara rutin setiap tahun, dengan kegiatan yang lebih menarik dan mendidik,” pungkasnya. (*)