25 radar bogor

Wisata Sambil Pengobatan, Yuk! ke Pemandian Air Panas Tirta Aguna Ciseeng

Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas Tirta Aguna yang berlokasi di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.
Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas Tirta Aguna yang berlokasi di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pariwisata di Kabupaten Bogor sangat beragam. Tak hanya menyajikan curug dengan pemandangan alam yang indah, ada pula pemandian air panas yang sangat baik untuk pengobatan.

Baca Juga : 4 Camping Ground dengan Pemandangan Indah di TNGHS Pamijahan

Salah satunya Pemandian Air Panas Tirta Aguna yang berlokasi di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Pemandian air panas ini memiliki sejarah panjang. Merupakan tempat kediaman para pejuang dan wali yang biasa disebut kilasan.

“Berdasarkan sejarah dari para leluhur, tadinya pemandian air panas ini tempat kediaman para pejuang atau wali, kilasan disebutnya. Di sini juga banyak goa,” ujar Suryana selaku Pengawasa Pemandian Air Panas Tirta Aguna.

Lokasi wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-17.00 WIB. Pengunjung yang datang biasanya untuk pengobatan utamanya penyakit kulit.

Ya, selain harganya yang murah, tempat pemandian air panas ini juga nyaman untuk pengobatan. Terdapat juga kamar mandi VIP dengan harga Rp30.000/setengah jam.

“Pengobatannya sangat mujarap. Terutama untuk penyakit seperti saraf kejepit, asam urat, kolestrol, apalagi yang stroke,” katanya.

Hasil dari penjualan tiket wisata ini difokuskan untuk pengembangan desa dan juga rutin untuk di sedekahkan setiap bulannya, dengan kisaran omset sehari sekitar Rp2.000.000. Tak heran tempat ini ramai dengan para pengunjung dari berbagai kota.

Untuk tiket masuk seharga Rp15.000 weekend dan weekday. Untuk pengelolanya sendiri dikelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan BUMD.

Wisata pemandian air panas Tirta Aguna lengkap ada kapur, belerang, garam, asin dan panas. Untuk pemasaran sendiri melalu media online seperti youtube, dan media lain. (Medisa-mg1/Arobiatul-mg3)