Beranda Metropolis Kota Bogor Bakal Punya Tiga GOR Baru, Dedie: Dilelang Maret

Kota Bogor Bakal Punya Tiga GOR Baru, Dedie: Dilelang Maret

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor segera melelang proyek pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) di tiga kecamatan.

Rencananya, GOR bakal dibangun di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Bogor Selatan, Kecamatan Bogor Utara dan Kecamatan Bogor Barat.

Sementara, di Kecamatan Bogor Barat juga akan dibangun lapangan sepakbola.

unb universitas nusa bangsa bogor

“Tahun ini dibangun GOR di Bogor Utara dan Selatan. Ditambah satu lapangan bola yang di Manunggal. Jadi ada tiga (GOR) yang dibangun tahun ini,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Revitalisasi GOR Pajajaran, Pemkot Ajukan Anggaran Rp1,2 Triliun ke Pemerintah Pusat 

Lapangan sepak bola yang berada di Jalan Manunggal tersebut sebelumnya akan menjadi sarana taman baru di Kota Bogor.

Namun saat itu, Pemkot Bogor sedang mendalami status kepemilikan dari lahan tersebut.

“Tapi sekarang status lahannya sudah menjadi lahan Pemkot Bogor, diserahkan melalui Kementerian Pertanian,” ucapnya.

Teranyar, Pemkot Bogor sudah menetapkan rencana straregis pembangunan lapangan sepakbola.

“(Untuk) Manunggal Maret sudah mulai, dan dua lagi GOR Kecamatan diperkirakan Mei,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Hery Karnadi mengaku, usulan pembangan GOR Kecamatan sudah masuk rencana belanja tahun anggaran 2022.

Dalam KUA-PPAS Kota Bogor tahun 2022, ada beberapa pembangunan prioritas yang dianggarkan.

Salah satunya, pembangunan GOR Kecamatan yang terintegrasi dengan pusat kuliner sebesar Rp15 miliar.

“Sudah masuk ancang-ancang anggaran untuk konstruksinya. Kita akan bangun (GOR) di kecamatan,” katanya.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lain, sambung dia, akan menempel ke program yang berhimpitan dengan kecamatan-kecamatan tersebut. Tiga kecamatan lain yakni Kecamatan Bogor Tengah, Bogor Timur dan Kecamatan Tanah Sareal.

“Itu nanti menempel ke program yang berhimpitan di kecamatan tersebut. Contohnya Tanah Sareal, kita nggak usah bikin lagi, karena disana mau dibangun Kawasan olahraga terpadu,” tukas mantan Kasatpol PP Kota Bogor itu.

Sedangkan untuk Kecamatan Bogor Timur, kata dia, juga akan bersinggungan dengan rencana pembangunan gedung perkantoran Pemkot Bogor di kawasan Katulampa.

Lalu untuk Kecamatan Bogor Tengah, alasannya lantaran lahannya sudah tidak memungkinkan. Juga sudah ada Lapangan Taman Sempur dan dekat dengan GOR Pajajaran

Jika menilik penetapan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2022 pada rapat paripurna beberapa waktu lalu, proyek pembangunan GOR Kecamatan masuk dalam belanja program prioritas pembangunan Kota Bogor.

Meliputi lima pembangunan prioritas, diantaranya pembangunan GOR Kecamatan yang terintegrasi dengan pusat kuliner sebesar Rp15 miliar. Lalu rencana penataan kawasan batutulis, melalui pembebasan lahan sebesar Rp4,9 miliar.

“Kemudian melanjutkan pembangunan Masjid Agung dianggarkan Rp 26 miliar, pembebasan lahan dan pembangunan jalan R3 sebesar Rp13 miliar, serta pembangunan gedung perpustakaan sebesar Rp11 miliar,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Jika ditotal, biaya yang harus dikeluarkan Kota Bogor program prioritas pembangunan itu sekitar Rp 69,9 m.(ded)

Editor: Rany