25 radar bogor

Pemulihan Tukul Arwana Lebih Cepat Dengan Terapi Robotik

Tukul Arwana. (Tukul arwana Instagram)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Tukul Arwana masih terus berjuang sembuh usai mengalami sroke efek dari pendarahan pada bagian otak sejak 23 September 2021. Riziki Kimon, sang manajer menyebut terapi robotik yang dijalani Tukul Arwana sejak awal Desember 2021 cukup banyak membantu proses pemulihan.

“Sistem robotik membantu mas Tukul, membantu pemulihannya jadi lebih cepat,” kata Kimon di bilangan Jakarta Selatan.

Baca Juga : Cegah Omicron Masuk Puncak, Hotel Perketat Prokes Bagi Wisatawan

Terapi robotik ini dilakukan Tukul Arwana dengan datang ke klinik. Jadwal terapi dialagendakan tiga kali dalam seminggu. Yaitu pada Senin, Rabu dan Jumat.

Selain itu, Tukul Arwana juga menjalani fisioterapi dimana tim medis datang ke rumahnya setiap hari. Fisioterapi ini akan dilakukan host Bukan Empat Mata tersebut sampai yang bersangkutan sembuh.

Jika sebelumnya Tukul Arwana mengonsumsi makanan menggunakan selang dan makanannya diblender, kini pelawak yang juga pembawa acara itu sudah bisa makan makanan normal layaknya orang-orang pada umumnya. “Progresnya sudah bisa mengunyah, sudah bisa makan nasi, sayur,” kata Kimon.

Sampai saat ini Tukul Arwana memang belum dapat berbicara. Dia berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya hanya menggunakan isyarat. Dengan terapi wicara yang rutin, Kimon optimistis Tukul akan dapat berbicara lagi. (jpg)