25 radar bogor

Piala Super Spanyol Barcelona vs Real Madrid : Pasukan Ancelotti Jadi Favorit

Real Madrid
Selebrasi pemain Real Madrid Karim Benzema.
Real Madrid
Selebrasi pemain Real Madrid Karim Benzema.

RIYADH—Piala Super Spanyol bakal menyajikan laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid di Stadion King Fahd, Riyadh, Kamis (13/1/2022) dinihari.

Baca Juga : El Clasico di Piala Super Spanyol, Bek Barcelona Ini Berani Gertak Madrid

Berkaca pada performa kedua tim musim ini, Real Madrid jadi favorit. Ya, Real Madrid musim ini memang menunjukkan kualitas lebih dibandingkan Barcelona. Di La Liga, Los Blancos memimpin klasemen dengan keunggulan 17 angka di atas Raksasa Catalan.

Pencapaian di Liga Champiosn juga menempatkan pasukan Carlo Anelotti di atas anak buah Xavi Hernandez. Seperti diketahui, Real Madrid menjaid juara grup dan lolos ke babak 16 besar. Sementara Barcelona tersingkir di fase grup usai hanya finis ketiga di grupnya.

Bicara head to head, belakangan ini Real Madrid juga terlihat superior. Dalam lima pertemuan terakhir kedua klub, Real Madrid menang empat kali dan tak menelan sekali pun kekalahan. Teranyar, Madrid menang 2-1 di Camp Nou pada putaran pertama La Liga 2021/2022.

Pertemuan kedua raksasa di Piala Super Spanyol juga menunjukkan dominasi tim ibu kota. Mereka menang delapan kali dalam 14 pertemuan. Paling baru, RealMadrid mengalahkan Barca pada dua pertemuan final musim 2017/2018.

Meski demikian, ini adalah laga klasik. Dan Ancelotti tampaknya sangat memahami bahwa data statistik tidak bisa menjadi rujukan. Makanya, ia sejak awal sudah mengingatkan anak asuhnya untuk tetap menghargai Barca.

“Barcelona akan selalu menjadi rival kami. Kami mungkin favorit dalam teori tetapi praktiknya keluar di lapangan. Kami mulai dari 0-0 dan kedua tim akan memberikan semua yang mereka miliki di luar sana,” ujarnya di situs resmi Real Madrid.

Menurut Ancelotti, Supercopa ini adalah turnamen penting bagi kedua klub. Alasannya, ini akan menjadi trofi pertama yang bisa mereka dapatkan musim ini. Karena itu, ia yakin duel akan berlangsung sengit.

“Ini adalah kompetisi yang penting dan kesempatan pertama yang dimiliki setiap tim untuk memenangkan sesuatu musim ini. Tidak masalah apakah kami favorit atau tidak,” tegasnya.

Ancelotti dipastikan hanya akan kehilangan Mariano Diaz dan Gareth Bale. Itu setelah Dani Carvajal dan Luka Jovic pulih dari Covid. Tidak heran pemain-pemain Madrid sangat percaya diri menyambut laga ini.

Apalagi, mereka datang ke Arab Saudi dengan bekal kemenangan 4-1 atas Valencia di la Liga. “Kami merasa sangat percaya diri. Kami tahu kami selalu harus bekerja sebagai tim. Kami selalu mencoba dan bermain sebagai satu kesatuan,” tegas David Alaba.

Bagaimana dengan Barcelona? Meski imbang 1-1 di markas Granada, akhir pekan lalu, mereka tentu saja datang ke Riyadh dengan ambisi meraih gelar dan tekad mempertahankan nama baik.

Makanya, bek Barca, Gerard Pique tidak mau kalah gertak. Dalam wawancara terbarunya, Pique menegaskan Madrid akan menghadapi tim Barcelona yang berbeda dengan yang mereka kalahkan di La Liga Santander awal musim ini.

“Tidak adil mereka mengambil tiga poin (di Camp Nou). Saya ingat aksi [Sergino] Dest dan mereka unggul saat serangan pertama. Tetapi keadaan telah berubah,” tegas Pique kepada Movistar dikutip dari MARCA.

Menurut Pique, laga ini adalah pertarungan gelar dan mereka akan bertarung habis-habisan untuk mengalahkan sang musuh. “Ini adalah gelar dan kami semua akan memperjuangkannya, seperti yang telah kami tunjukkan di masa lalu,” kata Pique.

“Kami memiliki motivasi besar untuk mengangkat trofi. Ini semifinal, El Clasico, dan itu akan sulit. Tapi kami percaya bahwa kami masuk ke dalamnya di saat yang baik. Kami meningkat. Saya optimis kami akan mampu bersaing dengan baik, lolos dan mencapai final,” lanjutnya.

Meski begitu, Pique juga tidak menutup mata pada kekuatan Real Madrid. Menurutnya, Madrid mempunya pemain-pemain yang lebih berpengalaman dan sudah bermain bersama dalam waktu yang lama.

“Itu telah menjadi basis yang sama selama bertahun-tahun. Kami mengenal mereka. Yah, mereka memiliki level yang tinggi tapi saya yakin kami bisa melukai mereka,” jelasnya.

Barcelona dipastikan tanpa Sergi Roberto, Eric Garcia, Pedri, Ferran Torres, Yusuf Demir, dan Martin Braithwaite. Namun, Ansu Fati yang baru pulih dipastikan siap bermain. Ronald Araujo dan Frenkie de Jong yang dalam proses pemulihan cedera juga ada dalam daftar skuat tim Catalan. (amr)

Prakiraan pemain

Barcelona (3-4-3): Ter Stegen; Araujo, Pique, Lenglet; Alba, Busquest, Gavi, Alves; Depay, Luuk de Jong, Jutglà

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militão, Alaba, Marcelo; Kroos, Modrić, Casemiro; Asensio, Benzema, Vinicius

Head to head

24/10/21 Barcelona 1-2 Real Madrid

10/04/21 Real Madrid 2-1 Barcelona

24/10/20 Barcelona 1-3 Real Madrid

01/03/20 Real Madrid 2-0 Barcelona

18/12/19 Barcelona 0-0 Real Madrid