25 radar bogor

5 Cara Cerdas Melunasi Hutang dalam Waktu Singkat

Hutang
Ilustrasi Hutang
Hutang
Ilustrasi Hutang

TIDAK pandai dalam mengatur keuangan? Anda pasti sering mengalami kesulitan saat ingin melunasi hutang. Padahal jika hutang tidak segera lunas akan lebih sulit lagi untuk bisa menabung.

Baca Juga : Perhatikan Hal ini saat Memilih Aplikasi Rekening Online

Memang tidak mudah dalam mengatur keuangan ketika Anda masih terlilit dengan hutang. Baik itu hutang dari pinjaman online, cicilan motor, handphone dan masih banyak lagi. Bagaimana agar semua hutang ini cepat lunas ada cara yang bisa diikuti di sini.

Cara Cepat Melunasi Hutang agar Tidak Menumpuk

Apakah penyebab utama hutang seringkali lama dilunasi? Jawabannya adalah menunda pembayaran. Padahal dengan menunda, jumlah hutang akan semakin besar karena adanya sistem bunga.

Nah bagi Anda yang ingin segera bebas dari hutang cara pertama adalah dengan tidak menundah. Sesegera mungkin setelah gaji masuk Anda harus segera mencicil agar tidak lebih dari batas waktu.

Selain disiplin dalam cicilan, ada beberapa cara lain yang juga bisa diikuti sebagai berikut ini.

1. Menemukan Penghasilan Tambahan

Ketika Anda merasa bahwa penghasilan utama tidak cukup untuk membayar cicilan dan kebutuhan bulanan, maka saatnya untuk mencari penghasilan tambahan. Banyak sekali cara untuk memperolehnya yakni dengan memanfaatkan keterampilan.

Usai pulang kerja Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membuat desain kemudian menjualnya. Bisa juga memanfaatkan hobi memotret untuk menghasilkan uang. pertimbangkan keterampilan Anda, sesuaikan dengan peluang yang ada.

2. Stop Membuat Hutang Baru

Berhenti mencari pinjaman untuk menutup hutang lama adalah cara yang salah. Begitu juga ketika hutang lama belum lunas namun Anda justru membuat hutang baru dengan membeli barang.

Lunasi hutang pertama sebelum Anda mencari pinjaman yang baru. Meskipun Anda sudah menggunakan aplikasi pinjol terbaik namun jika hutang belum dilunasi pasti akan kesulitan mencari pinjaman baru.

3. Buat Skala Prioritas Pembayaran

Sudah terlanjur memiliki banyak hutang? Maka Anda bisa mulai membuat daftar hutang terlebih dahulu. Urutkan sesuai dengan skala prioritas manakah yang harus dicicil terlebih dahulu.

Penentuan skala prioritas ini bisa ditentukan dari tenor pinjaman apakah sudah semakin dekat, besar kecilnya cicilan, dll. Baru setelah itu Anda bisa mulai melunasi hutang disesuaikan dari daftar skala prioritas tersebut.

4. Memotong Pengeluaran Bulanan

Supaya lebih cepat lagi, Anda juga harus memotong pengeluaran bulanan. Buatlah daftar pengeluaran dan Anda bisa menyeleksi manakah yang harus dipangkas. Tentunya ada beberapa kebutuhan bulanan yang tidak pokok untuk dikurangi.

Misalnya saja kebiasaan nongkrong setiap malam minggu yang menghabiskan uang sampai 100 ribu. Anda bisa menghilangkan kebiasaan tersebut sampai nanti akhirnya hutang selesai dilunasi.

5. Memiliki Rencana Pembayaran sebelum Meminjam

Apabila Anda ingin hutang cepat lunas, sejak awal meminjam harus ada rencana pembayarannya. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi pinjol yang memberikan rancangan pembayaran dengan tenor cukup lama.

Adanya rencana ini akan mempermudah Anda untuk mengatur keuangan kedepannya dan hutang lunas sesuai dengan perkiraan. Salah satu pinjol dengan skema pinjaman terbaik adalah Tunaiku.

Aplikasi Tunaiku juga memberikan beberapa kemudahan lainnya seperti proses pengajuan dan pencairan dana cepat. Tenor yang ditawarkan pun cukup panjang sampai 20 bulan tergantung jumlah pinjamannya.

Tak hanya itu, syarat pengajuan pinjaman pun hanya KTP dan mengikuti prosedur yang telah disediakan. Anda pun bisa mendapatkan pinjaman dari 2 sampai 20 juta rupiah. Menarik bukan.

Tidak perlu takut lagi dengan hutang yang tidak lunas. Selama perencanaan keuangan Anda sebelum meminjam tepat maka hutang dapat segera dilunasi. Apalagi dengan hadirnya Tunaiku yang menawarkan banyak kemudahan. (*)