25 radar bogor

Inilah Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Asuransi Syariah

Inilah Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Asuransi Syariah
Inilah Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Asuransi Syariah

RADAR BOGOR, Produk asuransi syariah hadir sebagai pilihan bagi nasabah yang beragama Islam.

Adapun prinsip syariah Islam digunakan terutama pada saat pembayaran preminya sendiri yang sudah disesuaikan dengan prinsip-prinsip dalam agama Islam.

Baca Juga : Mengenal Istilah Penting dalam Asuransi Syariah

Agar Anda tidak penasaran mengenai asuransi syariah ini, maka akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini mulai dari pengertian, tujuan, sehingga manfaat asuransi syariah.

Pengertian dan Tujuan Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan sistem asuransi dimana peserta akan saling menanggung setiap resikonya dengan cara menghibahkan seluruhnya maupun sebagian kontribusi lewat dana tabarru’.

Hal tersebut juga sering diistilahkan sebagai sharing of risk.

Kemudian uangnya akan digunakan pada pembayaran klaim apabila peserta mengalami suatu musibah. Lalu dalam penerapannya sendiri yang akan bertindak untuk mengelola serta menginvestasikan dana kontribusi tersebut adalah perusahaan asuransi.

Perbedaan paling mendasar antara asuransi syariah dan konvensional adalah penggunaan prinsip dan syariah Islam dalam kegiatan asuransi.

Sehingga para nasabah tidak perlu khawatir jika asuransi yang digunakan bertentangan dengan agama Islam.

Asuransi syariah memiliki tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan dengan cara mengemban misi ibadah, aqidah, iqtisadi, dan keimanan.

Tujuan utama dari asuransi syariah disini bukanlah untuk memperoleh laba yang besar seperti halnya asuransi konvensional.

Manfaat Asuransi Syariah

Adapun manfaat asuransi syariah juga tidak kalah dengan asuransi umum atau konvensional. Inilah beberapa manfaat dari asuransi syariah:

  1. Bebas Riba

Ketika menggunakan asuransi syariah, maka nasabah akan terbebas dari riba. Sebab akad yang sudah diberlakukan pada asuransi ini berdasarkan prinsip Islam dan bukan menggunakan penukaran premi dengan klaim.

Melainkan gotong royong yang dilakukan oleh antar peserta. Sehingga ketika peserta A mengalami musibah, maka peserta lain akan mengumpulkan iuran sebagai bentuk tolong menolong.

  1. Prinsip Tolong Menolong

Pengamalan hukum syar’i sendiri di dalam agama islam lebih dikenal sebagai risk of sharing. Dimana peserta bersedia untuk membayarkan uang kontribusinya untuk dikelola perusahaan lalu menyalurkannya pada peserta yang tertimpa musibah ataupun sedang membutuhkan uang.

  1. Premi Tidak Hangus

Premi yang sudah Anda disetorkan tidak akan pernah hangus dan tentunya dikembalikan lagi apabila Anda tidak pernah klaim saat masa pertanggungannya.

Sehingga hal tersebut akan memperkuat prinsip dari risk of sharing, dimana risiko peserta asuransi ditanggung secara bersama.

  1. Bebas Iuran Dasar

Peserta akan memperoleh kebebasan untuk pembayaran iuran dasar apabila terjadi kecacatan total karena kecelakaan atau sakit. Hal ini tentunya disesuaikan lagi dengan kesepakatan kedua belah pihak.

  1. Transparan

Transparansi merupakan hal dari peserta terutama dalam pengelolaan dana kontribusi yang sudah dibayarkan. Sehingga Anda pun juga bisa mengetahui dananya dialihkan kemana saja atau mungkin berapakah yang sudah dialokasikan untuk investasi dan cadangan klaim.

  1. Proteksi Tidak Akan Berubah

Meskipun Anda tidak mampu memberikannya lagi, namun manfaatnya tentu saja tidak akan pernah berubah. Hal inilah yang membedakannya dengan asuransi konvensional, dimana Anda harus membayar premi sesuai waktu yang ditentukan tersebut.

  1. Dikelola dengan Syariah Islam

Semua bentuk pengumpulan dan juga pengelolaan dananya didasari dengan prinsip syariah. Sehingga tak ada satupun dana yang diinvestasikan kepada perusahaan dan tidak sesuai dengan syariat tersebut.

  1. Pembagian Keuntungan Adil

Tentunya keuntungan yang akan Anda dapatkan dari dana investasi akan dibagi dengan merata oleh perusahaan asuransi syariah.

Itulah pengertian, tujuan, serta manfaat asuransi syariah. Salah satu rekomendasi terbaik yang bisa Anda dapat adalah asuransi syariah Prudential.

Jangan ragu lagi untuk mendaftarkan diri pada perusahaan asuransi syariah ini karena semua prosedurnya sudah berdasarkan prinsip-prinsip Islam. (*)