25 radar bogor

Siswa Banyak Berprestasi tingkat Nasional dan Internasional

SEKOLAH PRESTASI: Plt. Kepala Dispendik Banyuwangi Suratno menyampaikan orasi dalam acara Hari Guru Nasional di SMP Bustanul Makmur Genteng
SEKOLAH PRESTASI: Plt. Kepala Dispendik Banyuwangi Suratno menyampaikan orasi dalam acara Hari Guru Nasional di SMP Bustanul Makmur Genteng

BANYUWANGI-RADAR BOGOR, Dalam rangka memeringati Hari Guru Nasional (HGN) 2021, SMP Bustanul Makmur Genteng yang beralamat di Jalan Watugajah, No. 09, Kaliputih, Genteng, Banyuwangi, memberi penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi, kemarin (26/11). Acara yang dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Suratno itu dilaksanakan di aula sekolahnya.

Baca juga : Demi Keberlanjutan PTM, Vaksinasi Pelajar Madiun Digeber

Para siswa yang mendapat penghargaan dari sekolah itu, tidak hanya tingkat kabupaten, tapi juga banyak yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Untuk penghargaan itu, langsung diserahkan oleh Plt. Kepala Dispendik Banyuwangi, Suratno pada para siswa dan guru. “Ini bentuk syukur dari sekolah, siswa dan guru banyak yang berprestasi,” kata Kepala SMP Bustanul Makmur, H. Imamuddin, M.Pd.I.

Menurut Imamuddin, selama tahun ajaran 2021-2022 ini ada 26 siswa yang berprestasi dan mengharumkan nama SMP Bustanul Makmur Genteng di tingkat nasional dan internasional. Dan itu, belum termasuk tim sepakbola putra yang juga baru mendapatkan prestasi. “Selama dua bulan terakhir, SMP Bustanul Makmur Genteng seperti banjir prestasi,”ungkapnya bangga.

Dalam rangka memperingati HGN 2021, terang dia, sekolah memberi penghargaan pada para siswa yang beprestasi itu. Selain itu, ada Sembilan guru yang juga mendapat penghargaan karena prestasi dan dedikasinya yang tinggi pada sekolah. “Kami meyakini, di balik siswa yang hebat, selalu ada guru yang hebat pula. Guru itu yang membimbing dan menempa siswa hingga berprestasi,” cetusnya.

Imamuddin menyebut, di SMP Bustanul Makmur Genteng ini banyak guru yang membanggakan. Saat ini, ada empat guru lolos seleksi menjadi guru penggerak di Kabupaten Banyuwangi. Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sedang menggodok program guru penggerak yang akan menjadi pemimpin pembelajaran dan mendorong tumbuh kembang murid secara aktif dan proaktif.

Empat SMP Bustanul Makmur Genteng yang lolos menjadi guru penggerak itu, Bima Gilang Okjianto, S.Pd; Hudi Santoso, M.Pd; Muhammad Mushofa, S.Pd, dan Rina Setyawati, S.Pd.   “Di SMP Bustanul Makmur ada empat guru yang lolos sebagai guru penggerak,” katanya.

Saat ini, masih kata dia, SMP Bustanul Makmur Genteng sedang menyiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Rencananya, PPDB itu akan dilaksanakan pada akhir Januari 2022. Selama ini, siswa SMP Bustanul Makmur Genteng itu tidak hanya dari wilayah Kabupaten Banyuwangi, tapi banyak dari luar kota. Semua siswa SMP Bustanul Makmur Genteng, harus tinggal di pondok pesantren. “Pada Januari 2022 itu, SMP Bustanul Makmur akan menggelar Olimpiade tingkat SD/MI,” terangnya.

Plt. Kepala Dispendik Banyuwangi, Suratno dalam acara itu mengapresiasi kinerja para guru di SMP Bustanul Makmur Genteng. Mereka mampu mendampingi para siswa hingga banyak yang berprestasi. “SMP Bustanul Makmur Genteng ini selama ini dikenal berprestasi, siswanya banyak yang jura tingkat nasional dan internasional,” pujinya.

Suratno menyampaikan para guru SMP Bustanul Makmur Genteng yang telah memberi ruang pada siswa, itu sudah betul. Jika sekolah tidak memberi ruang pada siswa untuk berimajinasi, tidak mungkin para siswa bisa meraih banyak prestasi. “Selamat SMP Bustanul Makmur sebagai sekolah yang penuh prestasi,” katanya.(mg3/abi). (jpg)