Sasaran Vaksin Sudah Melebihi Target, Bupati Ade Yasin Minta Segera Turun Level

Bupati Bogor, Ade Yasin dampingi Kapolri. Jenderal Listyo Sigit tinjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi. Sabtu (26/11/2201).
Bupati Bogor, Ade Yasin dampingi Kapolri. Jenderal Listyo Sigit tinjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi. Sabtu (26/11/2201).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Vaksinasi sudah capai 70 persen, Bupati Ade Yasin pertanyakan level Kabupaten Bogor yang hingga kini belum turun.

Baca Juga : Hadiri Pengukuhan Al-Pas, Ade Yasin: Peran Tokoh Agama dan Ulama Penting Dalam Percepatan Vaksinasi

Bupati Ade Yasin menjelaskan, seharusnya Kabupaten Bogor sudah bisa turun ke level 1. Karena kelebihan target sasaran penduduk 4,2 juta.

Sementara menurut survei terbaru BPS Agustus lalu, hasil terakhir jumlah penduduk kita sebanyak 5,427 juta.

“Jadi seharusnya targetnya vaksinasi kita 3,78 juta penduduk yang harus divaksin, makanya kami sudah mengirim surat ke Gubernur Jawa Barat yang ditembuskan ke Pemerintah Pusat,” jelasnya ketika dikonfirmasi usai meninjau vaksinasi di Pusat Perhubungan, Kemang, Sabtu (27/11).

Menurut Ade, berdasarkan jumlah penduduk capaian vaksinasi di sudah 70 persen harusnya sudah bisa level 1. Bahkan sudah membuat surat agar merevisi target vaksinasi Kabupaten Bogor.

“Kemarin waktu saya ke Jonggol di sana vaksinasi sudah 100 persen lebih dan di beberapa kecamatan memenuhi target dan sekarang kami semakin sulit mencari orang yang harus divaksin karena rata-rata sudah,” kata Ade.

Ia menambahkan, kalau tetap ditarget 4,2 juta agak sulit karena itu artinya sudah hampir 100%, jadi harus direvisi jumlah penduduk, dengan jumlah target.

“Sebetulnya sudah mencapai target 70%, target 4,2 juta penduduk itu mungkin berdasarkan data tahun 2018 dimana jumlah penduduk berada di angka 5,9 juta penduduk. Tetapi setelah pandemi banyak penduduk yang pindah karena adanya pembangunan strategis nasional,” ucapnya.

Dia mengaku, sudah diskusi dengan Forkopimda dan membuat surat untuk disampaikan ke Kapolri supaya ada perbaikan data yang nanti tembusannya ke Pemerintah Pusat.

“Minimal sudah ada kelonggaraan dalam berusaha baik dari sektor ekonomi maupun pariwisata, tapi karena belum tercapai target 70 persen vaksinasi, jadi dianggap tidak memenuhi syarat,” keluhnya.

Selain itu ia mengungkapkan, jika dihitung kembali Kabupaten Bogor sudah memenuhi syarat kelonggaran, karena sudah diatas dua juta lebih masyarakat yang divaksin.

“Revisi ini penting karena jangan sampai stuck di level 3, bahkan vaksinasi Lansia jika target 4,2 juta maka vaksinasi Lansia sudah 43 persen. Kalau pakai data terbaru dari BPS, ada 780 ribu Lansia yang sudah divaksin dengan presentasi 50 persen,” katanya.
(Abi)

Berita Lainnya