Beranda Pendidikan Mahasiswa UIKA Sabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Agri-Informatika Nasional

Mahasiswa UIKA Sabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Agri-Informatika Nasional

Mahasiswa UIKA Sabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Agri-Informatika Nasional
Mahasiswa UIKA Sabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Agri-Informatika Nasional

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswi program studi Teknik Informatika (TI), Fakultas Teknik dan Sains (FT), Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor raih juara 1 pada lomba karya tulis Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika (JIKA) yang diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB), belum lama ini.

Baca Juga : Kembali Bermusik, Renaga Pilih Lagu Legenda Element Rahasia Hati

Ketua tim TI UIKA, Farha Fitrahul Janah menjelaskan, ia bersama tim yang beranggotakan 3 orang ini, mengusung judul ‘Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Manggis’ dalam perlombaan tersebut.

pmb universitas nusa bangsa bogor

Dirinya menjelaskan pengambilan topik tersebut disebabkan tingginya prospek manggis dalam skala agribisnis.

Hal ini dilihat dari data ekspor komoditas pertanian sub sektor hortikultura pada tahun 2020 yang menunjukkan manggis ada di posisi pertama.

Farha menilai kendala dalam budidaya manggis ialah rendahnya kualitas buahnya yang tidak layak ekspor diakibatkan serangan hama dan penyakit.

“Umumnya upaya petani dalam masalah ini adalah berkonsultasi dengan pakar, namun kehadiran pakar dalam suatu wilayah masih sangat terbatas,” ujar Farha.

Dirinya menjelaskan dengan adanya sistem pakar akan menjadi solusi untuk mengidentifikasi hama dan penyakit pada tanaman manggis.

“Metode yang dapat digunakan dalam sistem pakar namanya Metode Case Based Reasoning Dempster-Shafer dan Teorema Bayes,” jelas Farha.

Farha mengatakan sistem pakar dapat menjadi sarana penyaluran informasi dari pakar melalui sistem komputer.

“Transfer pengetahuan dari pakar ini menggunakan sistem komputer dapat diakses oleh orang lain,” tambah Farha.

Sementara itu, Pembimbing tim TI UIKA, Freza Riana mengatakan sistem ini berbasis website sehingga dapat membantu petani dalam melakukan identifikasi serta memberikan penanganan adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman manggis.

“Diharapkan adanya sistem ini bisa meminimalisir penurunan kualitas buah yang dihasilkan,” tambah Freza.

Dirinya mengatakan dengan prestasi ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa dan dosen dalam penelitian khususnya pemanfaatan ilmu komputer maupun informatika diberbagai bidang.

Lomba karya tulis Agri-Informatika merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa, dosen, peneliti, mupun masyarakat umum dalam menulis artikel ilmiah dalam bidang ilmu komputer ataupun informatika terkait pertanian.

Kegiatan perlombaan tersebut dselenggarakan oleh IPB sejak bulan Oktober hingga November 2021 serta diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia.(ded/mg2)

 

bank mandiri kopra