25 radar bogor

Pembelajaran Tatap Muka Menarik dengan Quiziz

Madichah, S.Pd.; Guru Ekonomi SMAN 1 Rembang (DOK PRIBADI FOR RADAR KUDUS)
Madichah, S.Pd.; Guru Ekonomi SMAN 1 Rembang (DOK PRIBADI FOR RADAR KUDUS)

KUDUS-RADAR BOGOR, Covid-19 mulai menurun. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengizinkan sekolah menggelar proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sejak 30 Agustus 2021 lalu. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Hal tersebut menyusul adanya sejumlah daerah yang saat ini memasuki pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level I, II, dan III.

Baca juga : Disdikpora Kudus Beri Pelatihan Tata Rias untuk Pengantin Modern

Menindaklanjuti Instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 10 Tahun 2021 tentang Implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I, II, dan III terkait pendidikan, SMA Negeri 1 Rembang telah melaksanakan PTM terbatas sejak 13 September 2021.

Adanya PTM terbatas, pendidik di semua jenjang diharuskan untuk lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran. Pendidik dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan, walaupun melalui online dan offline secara bersamaan. Karena proses pembelajaran berlaku online dan offline, berbagai platform baik online maupun offline dijadikan alternatif pilihan oleh pendidik dalam proses pembelajaran.

Dalam praktik PTM online dan offline, peran media pembelajaran sangatlah penting dilakukan para pendidik saat ini. Sebab, media pembelajaran dapat digunakan untuk mentransfer pesan kepada penerimanya. Yaitu membantu peserta didik dalam memahami materi, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Selain itu, dengan menggunakan media pembelajaran proses pembelajaran tidak terasa membosankan. Pendidik dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan para peserta didiknya. Seperti media pembelajaran berbasis digital dan nondigital.

Media pembelajaran berbasis digital merupakan media interaktif yang bisa diterapkan pendidik untuk PTM ini. Salah satunya menggunakan media pembelajaran Quizizz. Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri, baik bagi peserta didik maupun pendidik itu sendiri.

Quizizz merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan pendidik sebagai sarana untuk menyampaikan materi, membuat media presentasi pembelajaran, serta media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan seperti pre-test, post-test, latihan soal, remedial, pengayaan, dan sebagainya.

Quizizz juga dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar peserta didik, karena memiliki fitur menarik yang berisikan game (kuis interaktif). Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga empat pilihan jawaban. Termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Aplikasi itu, dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kerja peserta didik secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja. Asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Dengan Quizizz , peserta didik akan merasa tertantang. Karena dapat melihat skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Selain itu, akan ada kompetisi secara langsung. Karena Quizizz menampilkan ranking yang bersifat langsung antarpeserta . Menyenangkan juga karena ada suasana musik untuk menyemangati.

Kelebihan dari aplikasi ini, peserta didik tidak dapat menyontek sesama temannya. Karena soal yang diberikan telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat peserta didik tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, peserta didik dapat mengetahui rangking yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. Selain itu, peserta didik mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Keuntungan Quizizz bagi pendidik adalah ada rangking secara otomatis, sehingga pendidik bisa melihat analisis butir soal yang semuanya dapat diunduh berupa file Excel. Hasil Quizizz setiap peserta didik juga dapat diemail ke orang tua. Jadi, menggunakan ini pembelajaran menjadi lebih bermakna, lebih interaktif, dan kreatif dengan melibatkan peserta didik secara langsung. Sehingga tepat bagi pendidik menggunakan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis digital. (jpg)