25 radar bogor

Disdikpora Kudus Beri Pelatihan Tata Rias untuk Pengantin Modern

HASIL RIASAN: Model memperlihatkan hasil riasan pengantin dengan gaun panjang usai pelatihan di Hotel At Hom Kudus baru-baru ini. (ELOK ULYA FOR RADAR KUDUS)
HASIL RIASAN: Model memperlihatkan hasil riasan pengantin dengan gaun panjang usai pelatihan di Hotel At Hom Kudus baru-baru ini. (ELOK ULYA FOR RADAR KUDUS)

KUDUS-RADAR BOGOR, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus menggelar pelatihan tata rias dengan mengambil tema make-up pengantin modern. Acara dilaksanakan di Hotel At Hom Kudus.

Baca juga : Ajari Santri Saling Berbagi lewat Kegiatan Outbond Bersama

Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada melalui Kasi Pembangunan Sumber Daya Agus Subandi mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan Bidang Kepemudaan. Kegiatan ini untuk memberi pelatihan tata rias kepada pemuda agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Kami mengundang instruktur yang berkompeten di bidangnya yakni Elok Fadhilatul Ulya. Pelatihan ini untuk pengenalan dasar tata rias wedding, tata rias sendiri, dan among tamu,” jelasnya.

Dia mengatakan, pandemi ini memang sempat membuat penata rias pengantin sepi job. Kendati demikian, tetap ada orderan meski sekadar make-up akad nikah saja, karena acara dibatasi.

“Kami rasa perias saat pandemi dampaknya tidak terlalu parah. Bahkan sekarang sudah mulai ramai lagi,” jelasnya.

Instruktur Elok menjelaskan, materi kegiatan ini sebetulnya hanya make-up wedding untuk gaun panjang. Namun, pihaknya memberi materi tambahan untuk make-up diri sendiri dan make-up among tamu.

Sebelumnya, peserta diberi materi dilanjutkan demo make-up. Peserta terbagi dalam dua sif dan tiap sif terdiri dari 25 orang dengan pelatihan antara 4-5 jam. Rata-rata peserta, pemula, dan tidak memiliki dasar tata rias.

“Peserta yang sudah mendapat pelatihan dapat melanjutkan dan memperdalam pelatihan make-up kepada kami. Jadi tergantung para peserta, mau merias diri sendiri atau melanjutkan menjadi seorang perias. Mereka juga mendapatkan sertifikat dari Disdikpora setelah pelatihan ini,” terang Elok Ulya.

Selama pelatihan, baik peralatan make up dan baju pengantin disediakan panitia. Peserta hanya datang dan praktik.

Dijelaskan, untuk make up manten memang tiap tahun berubah, seperti halnya tahun lalu trennya basic alis, sementara tahun ini alis serat. (jpg)