25 radar bogor

Kementerian Apresiasi Bogorku Bersih, Minta Direplikasi di Daerah Lain

Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Winarni Monoarfa saat memberikan sambutan Mentri LHK di Malam Anugrah Bogorku Bersih 2021.
Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Winarni Monoarfa saat memberikan sambutan Mentri LHK di Malam Anugrah Bogorku Bersih 2021.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bogorku Bersih sukses menunjukkan wajah Kota Bogor yang bersih dan nyaman. Keberhasilan gelaran itu selama enam tahun berturut-turut pantas direplikasi secara nasional.

Baca Juga : Apresiasi Bogorku Bersih, Bima: Terus Kompak jadi Agen Perubahan

Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Winarni Monoarfa juga sangat bangga dengan event Bogorku Bersih. Ia melihat aksi dan inisiatif yang luar biasa di Kota Bogor, sekaligus dari inisiasi masyarakat.

“Kita bisa menarik kesimpulan, ini penetrasi dan sebuah gerakan yang perlu menjadi contoh nasional dan perlu direplikasi daerah-daerah lain, khususnya kota dan kabupaten,” cetusnya.

Ia menilai, tak mudah untuk membangun daerah. Pengalamannya yang lama berkecimpung di pemerintahan daerah menunjukkan hal itu. Apalagi jika tanpa diiringi kolaborasi antar pemerintahan dan perguruan tinggi.

“Artinya, Bogorku Bersih ini menjadi salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” imbuh alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) ini.

Pengumuman pemenang Bogorku Bersih dari tujuh kategori digelar di Graha Siliwangi Unpak, Selasa (16/11). Ia menilai, kehadiran Ketua DPRD dan Wakil Wali Kota dalam acara penganugerahan warganya sekaligus menjadi bukti komitmen yang tinggi dari pimpinan daerah memandang masalah lingkungan sebagai prioritas.

Secara khusus, Menteri LHK melalui dirinya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Menurunya, gelaran lomba kebersihan setiap tahun ini merupakan inisiatif-inisiatif cerdas yang dilakukan oleh unsur-unsur masyarakat berkolaborasi dengan perguruan tinggi maupun pemerintah.

“Ini adalah implementasi dari tujuan pembangunan berkelanjutan. Ini kinerja yang positif untuk menjadikan Kota Bogor menjadi kota percontohan nasional dalam menjadikan kota bersih,” tekannya lagi. (mam)