25 radar bogor

Apresiasi Bogorku Bersih, Bima: Terus Kompak jadi Agen Perubahan

Wali Kota Bima Arya saat memberikan sambutan secara virtual dalam Malam Anugrah Bogorku Bersih 2021.
Wali Kota Bima Arya saat memberikan sambutan secara virtual dalam Malam Anugrah Bogorku Bersih 2021.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bogorku Bersih menjadi salah satu ujung tombak dari program dan inovasi pemerintah kota (pemkot) Bogor dalam menekankan kebersihan.

Baca Juga : Bogorku Bersih Bukan Proses Instan, Penjurian Awal Berjalan Sembunyi-sembunyi

Gairah itu terbangun dari konsistensi dan kolaborasi semua unsur dan kalangan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengapresiasi pelaksanaan Bogorku Bersih selama setahun ini. Ia mengakui, hasil yang dicapai saat ini menjadi bukti konsistensi dan kolaborasi semua unsur dan kalangan.

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk konsitensi dan kolaborasi, sehingga gairah untuk hidup bersih mengakar ke sampai ke akar rumput masyarakat,” ucapnya, yang dihubungkan secara virtual, Selasa (16/11).

Ia menilai, Bogorku Bersih adalah gerakan yang sangat dahsyat. Alasannya karena mampu menggerakkan semua bagian, mulai dari RT, RW, OPD, para ASN, tokoh agama, dan lainnya. Semuanya bergerak hingga saling menginspirasi.

Menurutnya, tak mudah melaksanakan dan menggerakkan masyarakat di masa pandemi seperti sekarang. Namun, antusiasme masyarakat ternyata sangat besar. Tak heran, ia mengacungi jempol bagi pelaksanaannya yang luar biasa.

“Walaupun kategori perumahan teratur mengalami penurunan (nilai), namun yang lainnya mengalami kenaikan.
Hal yang sangat baik juga terus terjadi, (ada) dari yang awalnya perumahan kumuh, jelek, tahun ini bisa menjadi lebih baik,” terangnya.

Kota Bogor sendiri sempat didapuk penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena telah berhasil mengurangi sampah sebanyak 16 persen, tahun ini. Pencapaian itu menjadi peluang untuk bisa kembali membawa pulang piala adipura.

Pemkot tak ingin hanya sekadar membangun infrastruktur kebersihan. Bagi Bima, yang lebih penting adalah membangun kultur agar semua masyarakat terbiasa dan bergairah dalam kebersihan.

“Lewat berbagai kebijakan program, kreasi, dan inovasi, salah satunya Bogorku Bersih ini, kita semua bisa menjadi lebih baik untuk membuat kota ini lebih bersih dan nyaman. Terus kompak, jadilah kita semua agen perubahan di lingkungan masing-masing,” tandas salah satu juri kehormatan Bogorku Bersih ini. (mam)