25 radar bogor

Bogorku Bersih Bukan Proses Instan, Penjurian Awal Berjalan Sembunyi-sembunyi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto saat sambutan di malam anugrah Bogorku Bersih 2021 di Universitas Pakuan, Selasa (16/11/2021)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto saat sambutan di malam anugrah Bogorku Bersih 2021 di Universitas Pakuan, Selasa (16/11/2021)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemenang Bogorku Bersih telah diumumkan di Graha Siliwangi Unpak, Selasa (16/11). Meski begitu, lingkungan bersih dari tempaan Bogorku Bersih di Kota Bogor tidak didapatkan secara instan.

Baca Juga : Hasil Bogorku Bersih, Banyak RT Bisa di-Mulyaharja-kan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto mengatakan, acara ini menjadi penghargaan kepada masyarakat Kota Bogor. Semuanya telah berjibaku dan bekerja keras untuk melakukan suatu perubahan lingkungan.

“Ini bukan pekerjaan 1-2 bulan saja. Memang betul Bogorku Bersih puncaknya dilaksanakan bulan November. Tapi, pekerjaan itu sudah dimulai dari bulan Februari,” ungkapnya.

Ia membeberkan, awal tahun penilaian sudah dilaksanakan menjangkau lingkungan atau partisipan. Sejumlah relawan, maupun tim juri menilai secara sembunyi-sembunyi. Alasannya, agar masyarakat tidak sekadar menyambut Bogorku Bersih dalam waktu singkat.

“Kita tidak ingin bahwa perubahan (kebersihan) itu instan hanya saat akan diberikan hadiah atau hanya pada saat ada acara,” tutur Deni dalam sambutannya.

Ia pun menganggap hasil yang telah dicapai para pemenang Bogorku Bersih menjadi perubahan besar bagi Kota Bogor. Bagaimana dalam lingkup terkecil bisa memberikan pengaruh. Jika diperluas, Kota Bogor pun akan bisa berubah ke depannya.

“Terakhir-terakhir kita dengan adanya Bogorku Bersih bisa mendapatkan sertifikat adipura,” pungkasnya.

Deni meminta agar partisipan yang gagal tidak berkecil hati. Menurutnya, kegagalan itu seharusnya menjadi dorongan untuk berbuat lebih baik. Bisa jadi mereka mendapatkan hasil yang lebih maksimal pada tahun berikutnya. (mam)