Beranda Bogor Raya 5 KPM di Nanggung Dapat Bantuan Rehabilitasi RTLH, Usung Konsep Rumah Sehat

5 KPM di Nanggung Dapat Bantuan Rehabilitasi RTLH, Usung Konsep Rumah Sehat

KPM di Nanggung
Kepala Desa Kalongliud, Jani Nurjaman usai mensosialisasikan program RTLH kepada para KPM di aula kantor desanya pada Kamis (14/10/2021).

NANGGUNG – RADAR BOGOR, Sebanyak lima Keluarga Penerima Manfaat atau KPM di Desa Kalongliud, Nanggung mendapat bantuan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Tujuh RTLH di Desa Ciangsana Gunungputri Bakal Diperbaiki

Selain dapat membelanjakan bahan material sesuai kebutuhan, KPM juga diarahkan untuk merubah konsep menjadi rumah sehat.

pmb universitas nusa bangsa bogor

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kalongliud, Jani Nurjaman usai mensosialisasikan program tersebut kepada para KPM di aula kantor desanya pada Kamis (14/10/2021).

“Bagaimana sirkulasi udaranya, pencahayaan, kemudian lantai bawah yang awalnya tanah atau hanya pelesteran bisa menjadi kramik. Jadi itu yang disebut rumah sehat,” ucap Jani.

Pihaknya pun mengimbau kepada para KPM untuk memaksimalkan pembelanjaan material sesuai dengan kebutuhan. Yang paling utama, bagaimana merubah rumah yang sebelumnya belum layak menjadi layak.

Dalam program bantuan tersebut, pemerintah desa sebatas melakukan pendampingan dan pengawasan kegiatan.

“Jadi jangan berlebihan dalam pembelanjaan, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan,” tegasnya.

Di Desa Kalongliud sendiri, dari sebanyak 46 RT dan 11 RW, ada sebanyak 5 KPM yang mendapatkan bantuan RTLH tahun anggaran 2021.

Masing-masing KPM mendapat bantuan sebesar Rp15 juta yang dikirim langsung ke nomor rekening penerima manfaat. Dari anggaran tersebut, dipotong untuk upah kerja senilai Rp1,5 juta.

“Berarti ada sisa Rp13,5 juta khusus untuk belanja bahan material. Jika kurang dari Rp13,5 juta menjadi kewajiban pemilik rumah itu sendiri,” pungkas Jani. (cok)

Editor : Yosep

bank mandiri kopra