25 radar bogor

PHP2D Himagrotek Unida Tingkatkan Nilai Ekonomi Hasil Pertanian

RADAR BOGOR, Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) Unida Bogor selenggarakan program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Sukaresmi, Megamendung (10/10/2021).

DPKPP Minta Para Pengembang Serahkan PSU Desa Tangkil

Program itu dilaksanakan dalam bentuk pelatihan budidaya hortikultura dan pemasaran dan pembuatan tepung mocaf dan bioarang di Gapoktan Resmi Lestari.

PHP2D kali ini, berfokus pada peningkatan potensi yang terdapat di gabungan kelompok tani resmi lestari.

Yaitu pengolahan singkong dan pemanfaatan kotoran ternak kambing menjadi bioarang.

Pemafaatan kotoran kambing menjadi bioarang, merupakan salah satu upaya yang dapat mengurangi pencemaran, yang dihasilkan dari limbah kotoran ternak.

Selain pemanfaatan kotoran ternak, potensi yang terdapat di kelompok tani resmi lestari, yaitu budidaya hortikultura dan hasil tanaman pangan. Yang dibudidayakan terutama tanaman singkong.

Namun, singkong ini belum diolah dengan baik. Maka dari itu, pelatihan ini diadakan untuk mengajak masyarakat dan kelompok wanita tani.

Untuk mengolah singkong menjadi tepung mocaf. Kemudian memasarkan produk hortikultura, bioarang dan tepung mocaf menggunakan kemasan yang menarik. Agar memiliki nilai jual lebih tinggi dan dijual secara online.

Ketua PHP2D, Nandana Utama Alek Ar-Rizqullah menyampaikan, masyarakat diharapkan bisa lebih terbuka wawasannya. Terutama dalam melihat peluang, serta potensi desa. Yang nantinya dapat menghasilkan nilai jual.

“Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat mampu memanfaatkan potensi  yang terdapat di desa ini dan dapat memasarkannya secara mandiri,” pungkasnya.

Turut hadir narasumber yang mengisi kegiatan PHP2D kali ini. Di antaranya Nani Yulianti, Dosen Agroteknologi dengan materi penyampaian seputar budidaya tanaman hortikultura dan pemasarannya. Nur Rochman, Dosen Agroteknologi sekaligus Kepala Bidang Prestasi Kemahasiswaan Unida Bogor, dengan penyampaian materi praktik pembuatan tepung mocaf. Abdullah Baharun, Dosen Peternakan Unida Bogor dengan materi bioarang .

Nani Yulianti menyampaikan, potensi tanaman hortikultura, yang cocok ditanam di Desa Sukaresmi sangat banyak.

Salah satunya adalah bawang daun. Karena Desa Sukaresmi memiliki ketinggian tempat dan syarat tumbuh yang baik untuk komoditas hortikultura.

Kaitannya dengan budidaya hortikultura, petani diarahkan untuk melakukan budidaya secara organik.

Dalam teknik budidaya hortikultura, lanjut Nani, harus mulai dikurangi penggunaan pupuk kimia. Lebih ditingkatkan penggunaan biofertilizer.

Hasil panen tanaman hortikultura harus dipacking, kemudian disediakan paket sayur box. Seperti paket sop, sayur asam untuk meningkatkan harga jual sayur.

“Pemasaran produk hasil program PHP2D juga dilakukan melalui online shop maupun secara langsung,” tuturnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan serah terima buku saku panduan budidaya tanaman hortikultura oleh Nani. Kepada ketua Gapoktan Resmi Lestari Dede.

Juga penyerahan mesin dan alat penunjang pembuatan tepung mocaf, hasil hortikultura dan bioarang oleh ketua PHP2D.

Salah satu peserta program PHP2D, Siti Sopiah mengatakan, sangat antusias dan senang.

Karena mendapatkan ilmu, serta pengetahuan baru untuk dapat dikembangkan menjadi usaha, yang bermanfaat dalam peningkatan ekonomi.

“Sebelumnya belum mengetahui apa itu tepung mocaf dan cara pembuatannya, saya sangat tertarik dalam pembuatan tepung mocaf, karena dapat meningkatkan nilai jual dan ekonomi melalui tanaman singkong,” tutur Siti Sopiah.

Editor: Rany