Beranda Bogor Raya DPKPP Minta Para Pengembang Serahkan PSU Desa Tangkil

DPKPP Minta Para Pengembang Serahkan PSU Desa Tangkil

Desa Tangkil
Kepala Desa Tangkil, Fikriana

CITEUREUP – RADAR BOGOR, Dua perusahaan di Desa Tangkil, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor yakni PT Putra Sentra Prasarana dan PT Tridaya Semesta, hingga kini belum menyerahkan Prasarana, Sarana, dan Utilitas umum (PSU).

Dua Perusahaan di Desa Tangkil Belum Serahkan PSU

Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor pun meminta agar para pengembang menyerahkan PSU ke Desa Tangkil.

universitas pakuan unpak bogor

Penyerahkan dalam Hak Guna Bangunan (HGB) milik Pemerintah Daerah (Pemda) di atur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 9 tahun 2009 tentang Penyerahan Prasaran, Sarana, dan Utilitas Perumahan dan Permukiman.

“Para pengembang seharusnya menyerahkan PSU ke Desa Tangkil karena itu sudah kewajiban mereka,” Kata Kepala Bidang PSU DPKPP Kabupaten Bogor, Nunung Toyibah, Rabu (13/9/2021).

Lebih Lanjut Nunung menambahkan, pihaknya akan mengecek site plan-nya terlebih dahulu agar mengetahui secara adminstratif atau fisik.

“Tapi kita harus mengecek lahan Buana Estate terlebih dahulu ada di sebelah mana, lalu kita pun harus mengecek site plan-nya terlebih dahulu apakah dia sudah menyerahkan secara adminstratif atau menyerahkan secara fisik atau jangan-jangan secara parsial,” katanya.

Nunung pun meminta para pengembang segera untuk menyerahkan PSU dan harus dalam krateria yang memenuhi dalam penyerahan.

“Syarat yang perlu dipenuhi untuk para pengembang, yakni menunjukan site plan untuk perusahaan dan izin lokasinya serta status tanahnya sudah HGB atas nama pemerintah atau belum,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Tangkil, membenarkan saat ini Buana Estate belum menyerahkan PSU.

“Padahal tahun 2004 Bupati Bogor, Almarhum Agus Utara Efendi telah memutuskan HGU PT Buana Estate, dan berjanji akan menyerahkan PSU seluas 10 hektare kepada Desa Tangkil,” katanya.

Ia berharap adanya solusi dari Pemkab Bogor untuk menyikapi permasalahan ini. Karena sekitar 500 KK di Desa Tangkil membutuhkan lahan PSU untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dan berharap ada tindakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk melakukan pemanggilan para pengembang agar cepat menyerahkan PSU,” pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep

bank mandiri kopra