25 radar bogor

Ada Agenda Menarik di Hari Peringatan Hari Museum Indonesia, Apa Saja?

Museum
Peluncuran Film Pendek “Kado Istimewa”dalam rangka peringatan Hari Museum Indonesia

JAKARTA-RADAR BOGOR, Dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia dan Ulang Tahun ke-7 Museum Kepresidenan RI Balai Kirti pada Oktober 2021 ini, ada beberapa kegiatan menarik untuk sahabat ikuti.

Galeri The Bucket List, Museum Basket Terbesar di Asia Tenggara

Yaitu Peluncuran Film Pendek “Kado Istimewa” tanggal 12 Oktober 2021 secara Daring, kemudian seminar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-7 serta peluncuran Jingle Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, tanggal 18 Oktober 2021 Secara Daring.

Selanjutnya ada dialog dengan tema “Dirgantara Pemersatu Nusa dan Bangsa” tanggal 26 Oktober – 26 November 2021 Secara Daring dan Luring. Pameran Hybrid “Dirgantara Pemersatu Nusa dan Bangsa” tanggal 26 Oktober – 26 November 2021 Secara Daring dan Luring. Sosialisasi Museum secara daring yang diikuti oleh pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia, tanggal 28 Oktober-18 November 2021. Dan, Talkshow di TV Swasta dengan judul “Eksistensi Balai Kirti Kini, Esok dan Nanti”.

Launching film pendek dibuka dengan laporan Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Dewi Murwaningrum, dan Direktur Perfilman Musik dan Media Baru.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti mempersembahkan sebuah film pendek berjudul “Kado Istimewa”. Dibintangi oleh aktris senior Indonesia Ratna Riantiarno, diproduseri oleh Dimas Djayadiningrat, dengan Sutradara Dwi Santika dengan pendamping Tonny Trimarsanto.

Film ini menceritakan tentang persembahan ulang tahun dari seorang Ayah kepada anaknya. Ketika sang anak akan berulang tahun, ayahnya ingin memberikan sebuah kado istimewa yang tidak akan terlupakan yaitu berkunjung ke museum. Dari kunjungan tersebut sang anak mendapatkan banyak hal yang tidak terlupakan.

Dalam konteks yang lebih luas, di kehidupan berbangsa dan bernegara, “Kado Istimewa” merupakan hubungan dari para Presiden dengan karya-karya monumentalnya yang dipersembahkan kepada segenap anak bangsa.

Melalui keberadaan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, diharapkan masyarakat dapat menghayati, mengapresiasi, dan meneladani prestasi dari para pemimpin bangsa ini. Sesuai dengan filosofi dari nama “ Balai Kirti” yang artinya bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah, peninggalan perjalanan sejarah kepemimpinan para presiden Republik Indonesia.

Film ini merupakan bentuk pendukungan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti untuk program Kanal Budaya Indonesiana TV. Kanal Budaya Indonesiana merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Kebudayaan dalam mewujudkan visi pemajuan kebudayaan, yakni Indonesia bahagia berlandaskan keanekaragaman budaya yang mencerdaskan, mendamaikan, dan menyejahterakan.

Selaras dengan tujuan dari Kanal Budaya Indonesiana TV yakni mewadahi, mengintegrasikan, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia, maka Museum Kepresidenan Repubik Indonesia Balai Kirti sebagai Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, senantiasa menghadirkan konten-konten yang mendukung pelestarian kebudayaan Indonesia.

Film ini juga merupakan media publikasi Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti kepada masyarakat umum. Melalui pembuatan film ini, Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti telah memposisikan diri sebagai lembaga pemerintah yang sadar akan penggunaan media baru sebagai publikasi terkini. Museum sebagai industri budaya berperan dalam pembentukan karakter generasi masa kini yang tentunya tidak jauh dari media baru. (*)