25 radar bogor

Silih Tulungan Fokus ke FGD, Gali Potensi Desa untuk Pulihkan Ekonomi

Silih Tulungan
Forum Grup Discussion Silih Tulungan di Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Konsisten dalam Pemulihan Ekonomi Jawa Barat, Silih Tulungan fokus pada Forum Grup Discussion atau FGD yang dilakukan secara road show di 12 kota/kabupaten di Jawa Barat. Salah satunya di Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Belasan Anak Disabilitas di Gunung Putri Jalani Vaksinasi

Silih Tulungan sendiri adalah gerakan yang lahir September 2020 lalu bergerak pada sektor pemulihan ekonomi dibuat langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Yang kita bahas adalah bagaimana memulihkan ekonomi Jabar, karena Jabar dengan penduduk terbesar dan terbanyak di Indonesia, kalau Jabar pincang ya itu akan berpengaruh terhadap Indonesia,” kata Project officer Sub Divisi Gerakan Komite Pemulihan Ekonomi Jabar, Vaisya Alexis kepada Radar Bogor, Senin (11/9/2021).

Selain FGD, Silih Tulungan juga melakukan silaturahmi komunitas di 12 Kota/Kabupaten dengan melakukan soliasisai gerakan Silih Tulungan, serta bagaimana pemilihan ekonomi dan workshop pemberdaya masyarakat desa.

“Kami juga fokus menggali potensi desa yang di saat pandemi ini bisa dimanfaatkan sebagai pemulihan ekonomi masyarakat desa itu sendiri, dan menjadi feel you untuk si desa tersebut, juga workshop pemberdayaan iklan untuk UMKM,” tambahnya.

Silih Tulungan sendiri memiliki target FGD itu dilakukan oleh para pelaku yang expert dari berbagai bidang sektor.

“Kami berbicara tak hanya si covid-nya, tetapi berbicara di berbagai sektor, seperti saat ini kita berbicara tentang interior dan kontruksi, nanti di Subang saat FGD kita bahas tentang ketahanan pangan, jadi tujuan kita biar tahu kondisi di lapangan seperti apa dan nanti kita buatkan rujukan pelaporan di ke dinas terkait,” lanjutnya.

Vaisya Alexis juga berharap Silih Tulungan dapat memulihkan semua sektor dan kalangan yang memang itu merupakan goal dari gerakan tersebut.

“Kita harus cari jalan bagaimana kita bisa bergandengan dengan covid, tetapi semua sektor dapat pulih dan beraktifitas lagi agar dapat memulihkan ekonomi,” pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep