25 radar bogor

Sukseskan Food Estate, Polbangtan Bogor Terjunkan Alumni Dampingi Petani

Alumni Polbangtan Bogor siap dampingi petani karanganyar
Alumni Polbangtan Bogor siap dampingi petani karanganyar

RADAR BOGOR, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, mendukung program Food Estate yang dicanangkan pemerintah dengan cara menurunkan alumni, untuk melakukan pendampingan pengembangan kawasan pertanian, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pesan Dedie ke 136 Kader Penyuluh Wawasan Kebangsaan

Bersinergi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar, Polbangtan Bogor berupaya menyukseskan pengembangan kawasan pertanian, yang merupakan salah satu program super prioritas dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Food Estate merupakan program luar biasa yang pemilihan benih, budidaya, panen dan pascapanen dilakukan melalui pendampingan dan pengawasan yang melibatkan banyak pihak.

“Food Estate adalah jawaban untuk menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia. Stabilitas negara dipengaruhi oleh stabilitas pangan suatu daerah. Saya berharap hasil dari pertanian Food Estate yang ada di daerah bisa memasok hasil pertanian untuk seluruh wilayah Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa pengembangan Food Estate ini berbasis korporasi petani.

“Untuk itu, penyuluhannya juga harus digarap dengan menyentuh kelembagaan petani (Poktan, Gapoktan) dan kelembagaan ekonomi petani (KEP),” pungkasnya.

Dalam rangka mendukung program Food Estate yang dicanangkan pemerintah, Polbangtan Bogor kembali menurunkan lulusannya untuk melakukan pendampingan pengembangan kawasan pertanian pada tahap ke-2 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (28/9/2021).

Pelepasan pendampingan para lulusan ini dilakukan di Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar dan dihadiri oleh segenap jajaran civitas akademika serta pemerintah setempat.

Adapun lokasi pendampingan yang digerakkan dari Polbangtan Bogor ini mencakup 2 daerah di Kabupaten Karanganyar, yaitu Kecamatan Mojogedang dan Kecamatan Matesih.

Wida Pradiana, selaku Dosen Polbangtan Bogor dalam sambutannya mengatakan, alumni atau lulusan Polbangtan Bogor yang mengikuti pendampingan merupakan alumni terbaik yang dikirimkan.

Untuk dapat memberikan kontribusi positif pada program pengembangan kawasan di Kabupaten Karanganyar.

“Kegiatan pendampingan ini merupakan program strategis nasional Kementerian Pertanian, sehingga perlu dukungan dan kerjasama antar pihak. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan ini melibatkan para lulusan Polbangtan Bogor yang sudah berpengalaman dalam melakukan pendampingan program Kementan,” imbuhnya.

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogor