25 radar bogor

Dosen Mengabdi di Desa Benteng Gali Potensi Pengembangan Wisata

Dosen Mengabdi
Kegiatan dosen mengabdi di Balai Desa Benteng pada Kamis, (30/9/2021) lalu.

CIAMPEA – RADAR BOGOR, Empat dosen didampingi dua mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University melakukan kegiatan Dosen Mengabdi di Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Petani Ciampea Ikuti Pelatihan Manfaatkan Limbah Domestik ala IPB

Pemaparan Program Dosen Mengabdi itu, dilakukan di Balai Desa Benteng pada Kamis, (30/9/2021) lalu. Dihadiri Kepala Desa Benteng, Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pengurus Desa wisata, pengurus PKK, kader posyandu dan beberapa pemilik UMKM.

Kegiatan Dosen Mengabdi merupakan program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University.

“Kegiatan Dosen Mengabdi ini dilakukan karena keberadaan Desa Benteng berada dalam lingkar kampus IPB Darmaga,” jelas Ketua Tim Dosen Mengabdi, Muh Faturokhman dalam pemaparannya.

Dosen Mengabdi yang mengusung judul fasilitasi pengembangan desa wisata berbasis agro di Desa Benteng ini, didasari oleh Desa Benteng yang termasuk dalam desa lingkar kampus IPB Darmaga memiliki potensi besar dalam pengembangan desa wisata.

“Kegiatan Dosen Mengabdi ini diharapkan dapat menggerakkan kembali sektor pariwisata dengan pengembangan desa wisata berbasis agro,” demikian pemaparan Dr. Wahyu Budi Priatna, M.Si yang juga anggota tim.

Kegiatan fasilitasi desa wisata ini melibatkan tiga orang dosen lainnya yaitu Dr. Wahyu Budi Priatna, Hudi Santoso dan Dr. Rini Unttari.

Tak hanya dosen, dua orang mahasiswa juga ikut terlibat dalam kegiatan Dosen Mengabdi. Yakni, Nur Faizatul Luthfiah dari Program Studi Manajemen Agribisnis dan Maulki Fahru Rijal dari Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Desa Benteng, Faka Harika menyambut positif kegiatan Dosen Mengabdi.

“Dengan harapan pengembangan desa wisata Benteng bisa berjalan kembali setelah kurang lebih dua tahun terhenti kegiatannya karena dampak pandemi,” tutupnya.(cok)

Editor : Yosep