25 radar bogor

Petani Ciampea Ikuti Pelatihan Manfaatkan Limbah Domestik ala IPB

Maksimalkan Pertanian, Petani Ciampea Ikuti Pelatihan Limbah Domestik
Maksimalkan Pertanian, Petani Ciampea Ikuti Pelatihan Limbah Domestik

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Puluhan masyarakat dan petani Desa Cihideung Ilir, Ciampea mengikuti penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan limbah domestik.

Memerdekakan UMKM, Mempercepat Inklusi

Melibatkan para dosen IPB University, program ini diharapkan dapat memaksimalkan sektor pertanian.

Kordinator acara, Hangesti Emi Widyasari mengatakan, kegiatan dosen mengabdi ini bertujuan membagi ilmu ke warga bagaimana dapat memanfaatkan limbah domestik agar memiliki nilai ekonomi di bidang pertanian.

“Limbah domestik akan menjadi masalah jika tidak dipedulikan, namun bagaimana kita dapat manfaatkan menjadi pupuk cair organik yang dapat digunakan untuk lahan pertanian,” ungkapnya pada Minggu, (3/10/2021).

Dalam kegiatan ini, didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dan Sekolah Vokasi IPB yang bermitra dengan 77 Berkah.com.

Lebih lanjut Hangesti menjelaskan, potensi pertanian di wilayah Cihideung Ilir belum tergali secara maksimal.

Meskipun banyak program yang telah dilakukan baik yang sudah berjalan maupun yang tidak.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Masyarakat pun diharapkan mulai peduli dengan lingkungan. Bagaimana mau memanfaatkan sampah untuk meningkatkan nilai ekonomi, kesehatan dan kreatifitas warga terutama yang memiliki pekarangan.

Pupuk cair organik sendiri, menurut Hangesti, dapat dipanen selama tujuh hari. Pupuk ini dapat digunakan untuk pemupukan tanah untuk tanaman sayuran organik seperti sayur, buah dan tanaman hias.

“Kelebihan panen pupuk cair mereka bisa berbagi dengan sesama, supaya menjadi ibadah bagi kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cihideung Ilir, H Ilman menyambut baik program tersebut. Di samping menjadi solusi dari permasalahan sampah, warga pun mendapat ilmu bagaimana memanfaatkan limbah domestik.

“Di samping itu juga bagaimana menyadarkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat melalui ibu-ibu kader di wilayah Cihideng iilir,” tandasnya.(cok)

Editor: Rany