25 radar bogor

Video Azan Ajakan Jihad, PBNU Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan, meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh hasutan-hasutan yang hanya membuat gaduh suasana. (dok JawaPos.com)
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan, meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh hasutan-hasutan yang hanya membuat gaduh suasana. (dok JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Beredar video di dunia maya seseorang mengkumandangkan azan diikuti dengan membubuhkan lafal ‘hayya alal jihad’ yang artinya ajakna berjihad. Tayangan itu pun langsung viral dan menuai banyak komentar dari berbagai pihak.

Viral! Video Azan Mengajak Berjihad, Polisi Lakukan Penelusuran

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan, meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh hasutan-hasutan yang hanya membuat gaduh suasana.

“Jangan terpengaruh hasutan apalagi terporovokasi,” ujar Robikin kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Robikin juga menambahkan, agama Islam jelas melarang umatnya terpecah belah. Apalagi masyarakat terpecah hanya karena husatan ataupun provokasi yang dilakukan oleh kelompok tertentu.

“Agama jelas melarang keterpecah belahan dan menyuruh kita bersatu dan mewujudkan perdamaian di tengah kehidupan masyarakat,” katanya.

Beredar Video Azan Seruan Berjihad, Wasekum FPI : Saya Rasa Itu Wajar

Ajakan jihad dalam era sekarang menurut Robikin adalah masyarakat saling bahu membahu bersama dengan pemerintah mewujudkan cita-cita nasional.

Misalnya, mewujudkan perdamaian dunia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memakmurkan ekonomi warga serta menciptakan tata kehidupan yang adil dan beradab.

Soal Video Azan Seruan Jihad, Ini Kata Wamenag

Diketahui, dari video yang beredar di media sosial  ada seorang muazin yang mengumandangkan azan, tetapi menyelipkan kata ‘hayya alal jihad’. Adapun jemaah yang berada di belakang muazin itu turut mengikutinya menyerukan ‘hayya alal jihad’ sambil mengepalkan tangan ke atas. (jpg)